Pertama dalam Sejarah, Tiga Sosok Militer Jadi Calon Ketum PSSI

By Minggu, 18 September 2016 | 09:31 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko saat wawancara dengan Kompas TV, Harian Kompas, dan Kompas.com, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/9/2013).
SANDRO GATRA/KOMPAS.COM
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko saat wawancara dengan Kompas TV, Harian Kompas, dan Kompas.com, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/9/2013).

Sepanjang tengah pekan silam, BOLA tak hanya berkesempatan melakukan wawancara khusus dengan Edy Rahmayadi, tetapi juga memenuhi undangan sesi jumpa media yang digelar Moeldoko dan Benhard Limbong.

Penulis: Martinus Bangun/Fery Tri Adi/Persiana Galih/Kukuh Wahyudi

Selain sama-sama mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI dan telah lolos proses verifikasi dari Komite Pemilihan (KP), ketiga sosok tersebut juga berasal dari dunia militer (TNI).

Edy berpangkat letnan jenderal dan tengah menjabat sebagai Pangkostrad. Benhard Limbong merupakan purnawirawan perwira tinggi TNI AD dengan pangkat terakhir sebagai brigadir jenderal. Sementara itu, Jenderal (purn) Moeldoko merupakan mantan Panglima TNI.

Baca Juga:

Nama Edy lebih dulu muncul ke permukaan lantaran didukung kelompok voters K-85. Adapun Moeldoko mencuat belakangan, tetapi ia mengklaim telah memiliki basis dukungan voters tersendiri.

Berbeda dengan Edy dan Moeldoko, Benhard justru masih terkesan lebih tertutup dalam mengungkapkan barisan pendukungnya. Meski demikian, ia tergolong lebih unggul dalam hal pengalaman mengurus bola di negeri ini.

Benhard sempat beberapa kali masuk kepengurusan PSSI, di antaranya pada era Nurdin Halid dan Djohar Arifin.

Majunya tiga sosok militer dalam bursa pencalonan Ketua Umum PSSI kali ini jelas menghadirkan atmosfer persaingan yang baru. Sejarah mencatat bahwa PSSI memang sempat beberapa kali dipimpin sosok dari dunia militer.

Namun, menurut data riset BOLA, baru kali ini perebutan kursi PSSI 1 diwarnai persaingan tiga calon ketum sekaligus yang berasal dari kalangan militer.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X