Sejumlah Investor Minat Bantu Pembangunan Sirkuit MotoGP di Palembang

By Noverta Salyadi - Jumat, 11 November 2016 | 21:51 WIB
Lokasi sirkuit MotoGP di Jakabaring Sport City Palembang. Rencananya sirkuit ini akan mulai dibangun pada Januari 2017.
DOK PU CIPTA KARYA SUMSEL
Lokasi sirkuit MotoGP di Jakabaring Sport City Palembang. Rencananya sirkuit ini akan mulai dibangun pada Januari 2017.

Keseriusan Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menggelar ajang balap MotoGP di Palembang 2018, telah menarik minat sejumlah investor untuk andil dalam pembangunan sirkuit di kawasan Jakabaring Sport City.

Dua pekan lalu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, sudah bertemu langsung dengan CEO Dorna Carmelo Ezpelata di Sirkuit Sepang, Malaysia untuk membahas  rencana pembangunan sirkuit MotoGP di kawasan Jakabaring, Palembang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel Basarudin, Jumat (11/11/2016) menjelaskan bahwa proses merancang sirkuit sudah diserahkan kepada ahlinya yaitu Hermann Tilke.

"Hermann Tilke ini kalau tidak salah sudah berpengalaman dalam merancang 17 sirkuit di dunia. Hasil rancangan Tilke tidak lama lagi akan segera dikirim ke Palembang dan lokasi di Jakabaring juga sudah mendapat persetujuan dari Dorna," tutur Basarudin.

Menurut Basarudin, sirkuit MotoGP Jakabaring akan dibangun di atas tanah seluas 120 hektar dengan panjang lintasan mencapai 4,3 km dan memiliki 14 tikungan.

Baca Juga:

"Sekarang, kami tengah menyeleksi para investor yang berminat dan bisa bekerjasama. Baik itu investor dalam negeri maupun luar negeri. Tentunya investor tidak main-main dan asal-asalan karena menyangkut nama negara," kata Basarudin.

Adapun pembangunan sirkuit ini diperkirakan akan membutuhkan waktu pengerjaan selama 17 bulan.

"Kalau dibandingkan dengan Sepang, sirkuit ini lebih baik jika dilihat dari segi jarak karena berada di tengah kota. Selain itu, infrastrukur pendukungnya juga terintegrasi dengan Light Rail Transit (LRT)," ucap Basarudin.

Rencananya sirkuit di Jakabaring ini juga bisa digunakan untuk balapan mobil Formula 2. Selain itu, sirkuit ini juga bisa digunakan untuk tempat latihan mobil Formula 1.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X