SEJARAH HARI INI - Derbi Italia di Final Liga Champions, Tim Super Ketiga AC Milan Jadi Juara

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 28 Mei 2024 | 06:00 WIB
Juara.net menjadi saksi mata keberhasilan Andriy Shevchenko menjadi penentu kemenangan AC Milan atas Juventus di final Liga Champions 2002-2003, 28 Mei 2003 di Manchester.
JUARA.NET
Juara.net menjadi saksi mata keberhasilan Andriy Shevchenko menjadi penentu kemenangan AC Milan atas Juventus di final Liga Champions 2002-2003, 28 Mei 2003 di Manchester.

JUARA.NET - Sejarah hari ini 21 tahun yang lalu mencatat keberhasilan tim super ketiga AC Milan menjuarai Liga Champions setelah memenangi derbi Italia di laga final.

Sepanjang sejarahnya, AC Milan pernah memiliki 3 tim super yang masing-masing berhasil menjadi raja Eropa dengan menjuarai Piala/Liga Champions.

Tim pertama yang dijuluki Gli Immortali dan dilatih Arrigo Sacchi eksis pada akhir era 1990-an.

Diperkuat antara lain oleh Trio Belanda: Ruud Gullit, Marco van Basten, Frank Rijkaard, dan Carlo Ancelotti, Angelo Colombo, Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, serta Franco Baresi, Gli Immortali menjuarai Piala Champions 1989 dan 1990.

Kesuksesan tim ini diteruskan skuad super berikutnya yang dibesut Fabio Capello.

Dijuluki Gli Invicibili, masih ada Maldini, Costacurta, dan Baresi dengan didukung Marcel Desailly, Dejan Savicevic, Zvonimir Boban, serta Daniele Massaro.

Tim ini tiga kali beruntun lolos ke final Liga Champions 1993, 1994, dan 1995 serta menjuarai edisi 1994 dengan membantai Barcelona 4-0 di final.

Ancelotti, salah satu anggota tim Gli Immortali, kemudian membentuk tim super ketiga AC Milan.

Masih tersisa Maldini dan Costacurta dari dua tim super sebelumnya.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI - 2 Gol Injury Time Jungkir Balikkan Pemenang Liga Champions, Manchester United Jadi Treble Winner


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X