Kans Negara Debutan di Rusia

By Sabtu, 25 Maret 2017 | 19:09 WIB
Reaksi para pemain Islandia usai laga perempat final Piala Eropa 2016 kontra Perancis, di Stade de France, Saint-Denis, Minggu (3/7/2016).
MARTIN BUREAU/AFP
Reaksi para pemain Islandia usai laga perempat final Piala Eropa 2016 kontra Perancis, di Stade de France, Saint-Denis, Minggu (3/7/2016).

Federasi sepak bola dunia atau FIFA memiliki anggota lebih dari 200 negara. Tahukah Anda bahwa ada 82 negara yang pernah tampil di putaran final Piala Dunia?

Penulis: Riemantono Harsojo

Menghadapi Piala Dunia 2018 di Rusia, selain negara-negara unggulan yang pernah menjadi kampiun, kita juga menantikan siapa saja negara yang untuk pertama kali lolos ke Piala Dunia.

Melihat babak kualifikasi di enam konfederasi, untuk saat ini peluang munculnya debutan di Rusia 2018 tidak besar. Di Amerika Selatan, satusatunya negara yang belum pernah lolos, Venezuela, berada di dasar klasemen.

Di zona Concacaf, Panama berada di zona tiga besar lolos langsung, tapi kompetisi baru melewati dua hari laga dan masih ada delapan pekan sisa.

Baca Juga:

Di Asia, zona langsung lolos sementara dihuni negara-negara yang pernah tampil yakni Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Jepang. Pada zona Oseania, Tahiti atau Kepulauan Solomon siap menantang Selandia Baru di final.

Namun, jika berhasil menang, kedua negara masih harus bertemu tim besar dari Amerika Selatan di babak play-off. Berat! Pada zona Afrika, setiap tim baru menjalani dua dari enam pertandingan di babak final kualifikasi. Apa pun bisa terjadi.

Namun, pemimpin klasemen Grup D Burkina Faso, yang pada Piala Afrika lalu menembus semifinal, berpotensi menjadi debutan di Rusia.

Bagaimana di Eropa? Zona langsung lolos atau juara grup dihuni negara-negara unggulan. Islandia bisa menjadi salah satu tim debutan. Tim kejutan di Euro 2016 ini sementara berada di peringkat tiga Grup I.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X