Soal Regulasi Pergantian Pemain, FIFA Menyebut Tiga

By Minggu, 2 April 2017 | 16:17 WIB
PSSI kembali mendapatkan bantuan dana. Kali ini, giliran FIFA yang mengucurkan dana 1,25 dollar AS atau sekitar Rp 16,6 miliar per tahun untuk program bertajuk FIFA Forward.
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
PSSI kembali mendapatkan bantuan dana. Kali ini, giliran FIFA yang mengucurkan dana 1,25 dollar AS atau sekitar Rp 16,6 miliar per tahun untuk program bertajuk FIFA Forward.

Baru-baru ini, Risha Adi Wijaya, CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), menyebut ada dua perubahan utama di Liga 1 musim 2017. 

Penulis: Andrew Sihombing

"Sudah diputuskan di rapat bahwa jumlah susunan pemain yang biasanya hanya 18 menjadi 20 orang. Hal ini karena adanya regulasi pemain U-23 yang wajib dimainkan di 45 menit pertama," katanya selepas manager meeting dengan klub peserta Liga 1 di markas Kostrad, Jakarta, Rabu (30/3).

Perubahan besar kedua adalah soal jumlah pergantian pemain. Di kompetisi nanti, menurut pria yang sempat menjabat sebagai Direktur PT Persib Bandung Bermartabat tersebut, pelatih boleh melakukan lima pergantian pemain di tiap pertandingan.

Baca Juga:

"Sebelumnya, hanya tiga pergantian pemain. Keputusan ini karena kami mengadopsi asas fair play mengingat adanya kewajiban menurunkan pemain U-23. Selain itu, juga agar kualitas pertandingan berjalan sesuai yang diinginkan. Hal ini pernah dicoba di Piala Presiden," ujarnya.

Pernyataan Risha diperkuat oleh kalimat Sekjen PSSI, Ade Wellington, kepada Tabloid BOLA di kesempatan yang sama.

"Pergantian lima pemain itu mendorong agar pemain U-23 tampil," katanya. Kebijakan tersebut tentu sah-sah saja, tak ada salahnya.

Tetapi, hal itu adalah bila PT LIB sebagai operator sekadar menggelar kejuaraan lepas di luar naungan PSSI.

Bila Liga 1 dimaksudkan sebagai kompetisi resmi PSSI, PT LIB mungkin harus mempertimbangkan kembali kebijakan barunya tersebut.

Dalam Laws of the Game FIFA pada Bab 3 Pasal 2 menyebut bahwa: "Maksimal tiga pemain pengganti boleh diturunkan dalam pertandingan di kompetisi resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA, konfederasi, atau asosiasi sepak bola negara anggota."

Pada pasal itu memang ada bagian mengenai jumlah tiga hingga maksimal 12 pengganti.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X