5 Kandidat Pengganti Luis Enrique

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 2 Maret 2017 | 10:14 WIB
Reaksi pelatih Luis Enrique saat memimpin Barcelona menghadapi Atletico Madrid dalam laga Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Barcelona, 7 Februari 2017.
LLUIS GENE / AFP
Reaksi pelatih Luis Enrique saat memimpin Barcelona menghadapi Atletico Madrid dalam laga Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Barcelona, 7 Februari 2017.

Konfirmasi mundurnya Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona langsung memunculkan spekulasi tentang suksesornya di klub tersebut. Berikut lima nama yang kemungkinan masuk ke daftar kandidat pelatih Lionel Messi dkk musim depan.

1. Jorge Sampaoli


Ekspresi pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli, dalam jumpa pers pertandingan timnya menjamu Leicester City pada babak 16 besar Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, 21 Februari 2017.(CRISTINA QUICLER / AFP)

Sosok berusia 56 tahun tersebut adalah pelatih Sevilla. Sebelum bertualang di La Liga, Sampaoli sudah mengukir prestasi cemerlang bersama tim nasional Cile.

Sampaoli membawa Alexis Sanchez dkk juara Copa America 2015.

Baca Juga:

Pencapaian itu membawanya menjadi pelatih terbaik di Copa America dan pelatih terbaik Amerika Selatan pada tahun yang sama, serta nomine pelatih terbaik FIFA bersama Pep Guardiola dan Enrique.

Di Sevilla, Sampaoli masih terikat kontrak hingga 2018. Namun, namanya menjadi yang paling banyak direken sebagai pengganti potensial Enrique.

2. Ernesto Valverde


Pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, dalam pertandingan uji coba melawan Bordeaux di Tarnos, Prancis, pada 23 Juli 2016.(NICOLAS TUCAT/AFP)

Seperti Sampaoli, Valverde juga pelatih klub kompetitor Barcelona di La Liga. Dia melatih Athletic Bilbao sejak 2013. Pria berumur 53 tahun itu juga berpengalaman menukangi klub seperti Espanyol, Villareal, Olympiacos, dan Valencia.

Musim 2016-2017, Valverde untuk sementara membawa Bilbao menduduki peringkat kedelapan di La Liga. Namun, dia punya pengalaman positif saat melawan Lionel Messi dkk.

Bilbao mengalahkan Barcelona dengan agregat 5-1 pada perebutan titel Piala Super Spanyol pada 2015.

Pada tahun yang sama, Bilbao juga menjadi finalis Copa del Rey, juga menghadapi Barcelona. Namun, mereka kalah 1-3 di laga yang berlangsung di Camp Nou itu.

3. Juan Carlos Unzue

Unzue adalah asisten pelatih Enrique selama tiga musim terakhir di Barcelona. Sebelumnya, Unzue (49), juga pernah bermain di Barcelona dari 1988 hingga 1990.


Pelatih Barcelona, Luis Enrique, bersama asistennya, Juan Carlos Unzue (kiri)(LLUIS GENE/AFP)

Dia juga pernah menjadi pelatih kiper Blaugrana pada era pelatih Frank Rijkaard dan Pep Guardiola.

Kerja sama antara Unzue dan Enrique juga tidak terjalin dalam semalam. Enrique sudah merekrutnya sebagai tangan kanan sejak dia masih melatih Celta Vigo.

Sosoknya yang sudah familiar dengan Barcelona dan para pemain bisa menjadi keuntungan tersendiri.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Sport, Sky Sports, FOOTBALL ESPANA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X