Barcelona Ogah Terseret Sindrom Si Putih

By Sabtu, 26 Desember 2015 | 11:15 WIB
Striker Barcelona, Luis Suarez, merayakan golnya ke gawang Guangzhou Evergrande pada semifinal Piala Dunia Antarklub di Stadion Nissan, Yokohama, Kamis (17/12/2015).
TOSHIFUMI KITAMURA / AFP
Striker Barcelona, Luis Suarez, merayakan golnya ke gawang Guangzhou Evergrande pada semifinal Piala Dunia Antarklub di Stadion Nissan, Yokohama, Kamis (17/12/2015).

Komentar menarik terlontar dari mulut Bernd Schuster beberapa waktu lalu. Ketika melihat Barcelona melaju pesat pada paruh pertama musim 2015-2016, eks pelatih Real Madrid itu mencoba mengingatkan kepada publik tentang tren apik Si Putih tepat setahun silam.

Pada awal La Liga 2014-2015, Cristiano Ronaldo dkk memang sempat takluk dua kali secara beruntun, sebelum akhirnya mencatatkan 20 kemenangan berturut-turut di seluruh kompetisi.

Rentetan itu, 12 di La Liga, enam di Liga Champion, dua di Copa del Rey, dan dua di Piala Dunia Klub, membawa Madrid memuncaki klasemen pada saat pergantian tahun.

Akan tetapi, momen tutup tahun seusai mengalahkan San Lorenzo di Maroko itu gagal dipertahankan sekembalinya Madrid di liga domestik.

Diawali kekalahan 2-4 dari AC Milan di laga ekshibisi bertajuk Dubai Challenge Cup pada 30 Desember, Madrid lantas keok 1-2 saat bertamu ke rumah Valencia pada 4 Januari.

Kekalahan pada pekan 17 itu kemudian berlanjut di Copa del Rey, di mana pasukan Carlo Ancelotti dipaksa bertekuk lutut di hadapan Atletico Madrid.

Kala itu, belum ada perubahan signifikan di klasemen sementara La Liga. Namun, kekalahan- kekalahan minor itu ternyata memengaruhi mentalitas Madrid ke depannya.


Para pemain Barcelona dan River Plate tengah berduel pada laga final Piala Dunia Antarklub 2015 di Stadion Nissan, Yokohama, Minggu (20/12/2015).(Atsushi Tomura/Getty Images)

“Selalu, sesaat setelah menjuarai sebuah ajang, ada tim-tim yang mengalami penurunan kinerja. Karena itu, kami tak ingin kehilangan momentum, dan mencoba untuk terus memenangi setiap laga di hadapan,” ujar Luis Suarez, Pemain Terbaik PD Klub 2015, berkat dwigolnya di final kontra River Plate.

Tentu Suarez berharap agar Barca tak kehilangan momentum layaknya rival abadi mereka itu.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.646


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X