Las Palmas Vs Real Madrid, Skak Mat Via Bola Mati

By Sabtu, 24 September 2016 | 17:02 WIB
Nabil El Zhar adu agresif dengan Gareth Bale.
AFP, GETTY IMAGES
Nabil El Zhar adu agresif dengan Gareth Bale.

Di mata pelatih Las Palmas, Quique Setien, permukaan lapangan Estadio de Gran Canaria pada akhir pekan ini akan bercorak kotak-kotak dengan warna putih-hitam, alih-alih hamparan rumput berkelir hijau.

Penulis: Sem Bagaskara

Setien merupakan penggemar berat catur. Bahkan dalam satu kesempatan, ia mengaku lebih memilih bermain catur ketimbang menonton pertandingan sepak bola.

Singkat kata, pria yang tergabung dalam skuat Spanyol di Piala Dunia 1986 itu tipikal orang yang lebih suka terlibat langsung dalam permainan, ketimbang duduk manis sebagai penikmat.

Ketika gantung sepatu, Setien tak langsung alih profesi sebagai pelatih. Ia meneruskan hasrat bermainnya dengan menjadi atlet sepak bola pantai.

Selama tujuh tahun Setien masuk skuat timnas sepak bola pantai Spanyol. Ia baru melakoni debut sebagai pelatih di La Liga pada musim lalu bareng Las Palmas ketika sudah berumur 56 tahun.

Lantas, apa yang membuat Setien sekarang nyaman dengan "hanya" menonton laga dari area teknik di pinggir lapangan? Jawabannya adalah karena skuat asuhannya, Las Palmas, benar-benar bermain.

Skuat berjulukan Los Amarillos (Si Kuning) itu berani tampil agresif.

Nabil El Zhar cs. sudah membuat 12 gol dalam lima partai, alias cuma kalah produktif dari Barcelona (14 gol) dan Real Madrid (13).

Namun, gaya ofensif Las Palmas seperti tak diimbangi dengan kesolidan di lini pertahanan. Pada partai terakhir, Los Amarillos dibantai Real Sociedad 1-4.

Setien mesti segera menularkan filosofi bermain caturnya kepada personel Las Palmas. Real Madrid yang akan bertamu ke Estadio de Gran Canaria, Sabtu (24/9), tentu menyajikan potensi ancaman yang lebih mengerikan ketimbang Sociedad.

"Saya tak tahu apakah catur dan sepak bola bisa diperbandingkan. Tapi, bidak harus terkoordinasi secara baik. Konsep saya bermain catur adalah menyerang untuk tujuan tertentu dan kontrol di bagian belakang," kata Setien di Marca.

"Hal yang sama terjadi di sepak bola. Saat Anda memiliki tim yang terkoordinasi, di mana semua pemain saling terkoneksi, akan tercipta kerja sama bagus," ujar pelatih berusia 57 tahun tersebut.

Setien bisa menjadikan pertemuan terakhir timnya dengan Madrid di Gran Canaria musim lalu sebagai landasan. Kala itu, Las Palmas menampilkan organisasi permainan rapi, sampai-sampai membuat Cristiano Ronaldo terisolasi.

Baca Juga:

Las Palmas bahkan nyaris mengamankan skor imbang 1- 1. Tapi, skak mat diterima Los Amarillos kala Casemiro mencetak gol dengan memanfaatkan situasi sepak pojok.

Setien pun mesti rela timnya keok 1-2. Madrid memang jago menuai gol dari skema bola mati.

Tengah pekan lalu, ketika berbagi skor 1-1 dengan Villarreal, gol penyama kedudukan Los Blancos yang dicetak Sergio Ramos juga lahir via situasi tendangan penjuru.

Namun, menurut Setien, jurus Madrid menghadirkan skak mat tak cuma via situasi set-piece. Los Blancos bertumpu kepada Cristiano Ronaldo, yang memiliki mobiltas tinggi layaknya bidak ratu dalam catur.

Ada pula Gareth Bale dan Alvaro Morata, yang seringkali meneror lawan via per gerakan gesit mereka.

"Morata atau Bale yang sangat cepat bisa diibaratkan sebagai menteri," tutur Setien.

Pada pertemuan di Gran Canaria musim lalu, Las Palmas sukses mengeliminasi peran Ronaldo.

Jika tak ingin gagal lagi memaksakan remis alias hasil seri, Los Amarillos mesti berhati-hati terhadap ancaman bola mati dan para menteri: Bale atau Morata.

PRAKIRAAN FORMASI

LAS PALMAS (4-3-3): 13-Varas (K); 23-Castellano, 16-Aythami, 3-Lemos, 12-Macedo (B); 15-Mesa, 4-Gomez, 24-Tana (G); 21-Viera , 9-Livaja, 8-El Zhar (S)

REAL MADRID (4-3-3): 13-Casilla (K); 6-Nacho , 4-Ramos, 5-Varane, 15-Carvajal (B); 22-Isco, 8-Kroos, 19-Modric (G); 7-Ronaldo, 9-Benzema, 11-Bale (S)

PREDIKSI: BOLA 40:60, Asian Bookie 1 1/2 : 0, William Hill 1 (7/1) X (9/2) 2 (4/11), Betbrain 1 (9,00) X (6,00) 2 (1,)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.701


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X