Diego Perotti, Sang Algojo Paten AS Roma Musim Ini

By Daniel Sianturi - Selasa, 14 Februari 2017 | 04:32 WIB
Aksi pemain AS Roma, Diego Perotti saat UEFA Champions League putaran ke-16 leg kedua antara Real Madrid CF dan AS Roma di Estadio Santiago Bernabeu tanggal 8 Maret 2016 di Madrid, Spanyol.
GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES.
Aksi pemain AS Roma, Diego Perotti saat UEFA Champions League putaran ke-16 leg kedua antara Real Madrid CF dan AS Roma di Estadio Santiago Bernabeu tanggal 8 Maret 2016 di Madrid, Spanyol.

Anda pasti sudah tahu dan mengenal apa itu tendangan penalti dalam permainan sepak bola. Buat pecinta olahraga tendang menyepak bola ini, sering kali kita menyaksikan adanya tendangan penalti yang terjadi dalam sebuah pertandingan.

Anda juga pasti sepakat, bahwa tendangan penalti diberikan wasit kepada sebuah tim, saat tim lawan melakukan pelanggaran atau kesalahan dalam area penalti.

Tendangan penalti bisa diberikan wasit apabila seorang pemain mengasari pemain lawan di kotak penalti sendiri atau bisa juga karena seorang pemain dari tim yang bertahan tertangkap wasit melakukan hand-ball di kotak terlarang.

Umumnya, hukuman penalti ini akan berbuah gol alias berhasil dibanding gagalnya. Kiper kelas dunia bak Gianluigi Buffon ataupun Manuel Nuer pun banyak gagal dalam menghalau tendangan yang dilakukan pemain lawan dari jarak 11 meter ini.

Namun, tak sedikit pemain kelas dunia juga gagal mengonversi tendangan penalti menjadi sebuah gol. Hal ini pula yang terjadi pada Edin Dzeko, striker AS Roma yang gagal mencetak gol dari titik putih pada pertandingan pekan ke-24 lalu, saat AS Roma melawat ke markas Crotone.

Musim ini, setidaknya saat Serie-A memasuki pekan ke-24, pasukan Serigala ibu kota sangat akrab dengan tendangan penalti. Dari 24 pertandingan yang sudah dijalani, AS Roma tercatat 15 kali berhubungan dengan tendangan penalti.

AS Roma sudah 11 kali mendapatkan tendangan penalti di Serie-A. Selain mendapatkan tendangan penalti, Il Lupi juga telah empat kali terkena hukuman tendangan penalti.

Cerita menarik ditorehkan AS Roma dari semua tendangan penalti tersebut. Kegagalan Edin Dzeko dalam mengeksekusi penalti ke gawang Crotone pada Sabtu lalu (12/2/2017), adalah yang kedua kalinya musim ini di Serie-A. Sebelumnya Dzeko juga gagal mencetak gol dari titik putih pada pekan ke-20.

Jika saat melawan Crotone, tendangan Dzeko melebar ke samping kanan gawang, maka sebelumnya tendangan dari jarak 11 meter pemain asal Bosnia ini pun melambung jauh di atas gawang Udinese. Beruntung saat itu, AS Roma sudah unggul 1-0 dan berhasil mempertahankan keunggulan di Friuli hingga akhir laga.

Namun demikian, dari total 18 gol yang disumbangkan Dzeko untuk AS Roma musim ini di Serie-A, satu di antaranya berasal dari titik putih. Dzeko berhasil memanfaatkan peluang emas itu pada pekan ke-10 saat bertandang ke Sassuolo.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X