Angers Vs AS Monaco, Kopa Gagal Usik

By Sabtu, 8 April 2017 | 14:01 WIB
Penyerang AS Monaco, Kylian Mbappe, merayakan golnya ke gawang Manchester City dalam duel leg 2 babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris pada 21 Februari 2017.
STU FORSTER/GETTY IMAGES
Penyerang AS Monaco, Kylian Mbappe, merayakan golnya ke gawang Manchester City dalam duel leg 2 babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris pada 21 Februari 2017.

Untuk mengenang salah satu pemain legendaris Prancis yang pernah menjadi bagian klub, Angers mengubah nama stadion kandang mereka dari Stade Jean-Bouin menjadi Stade Raymond Kopa. Kiprah sang legenda di Liga Prancis seperti terhubung dengan AS Monaco

Penulis: Christian Gunawan

Kopa dikenal sebagai pesepak bola yang bersinar di timnas Prancis berduet dengan Just Fontaine, terutama kala lolos ke semifinal Piala Dunia 1958.

Di level klub, ia bersinar di Real Madrid dan Reims. Kiprah Kopa keluar dari pekerjaan di tambang batu bara ke sepak bola profesional dimulai pada 1949 saat bergabung dengan Angers.

Setahun sebelumnya, Monaco meraih kembali status profesional yang pernah mereka dapatkan selama setahun saja pada 1933 setelah mendapat undangan dari Liga Prancis.

 

Pada 1953, ASM mencapai divisi tertinggi Liga Prancis untuk pertama kali. Kopa mencicipi gelar Ligue 1 pertamanya pada tahun yang sama, diikuti 1955 di Reims. Monaco meraih dua gelar Liga Prancis pertama mereka pada 1961 dan 1963.

Kopa, sekembali ke Reims dari Madrid dengan tiga trofi Piala Champions, menghasilkan persaingan untuk Les Monegasques dengan hasil dua gelar liga lagi buat Reims (1960 dan 1962).

Pada 3 Maret lalu, Kopa mangkat. Angers memberi penghormatan tertinggi memakai nama Kopa untuk stadion per 27 Maret lalu.

 

Baca Juga:

AS Monaco tengah berada di jalur terdepan menuju gelar kedelapan mereka setelah terakhir kali merasakannya pada 1999-2000.

ASM akan semakin mendekati gelar tersebut sepulang dari Stade Raymond Kopa pada Sabtu (8/4/2017).

Musim silam, musim pertama setelah berpromosi lagi (Angers mencatat enam kali naik divisi), pasukan besutan Stephane Moulin ini finis di tempat yang lumayan meyakinkan, yakni posisi kesembilan.

Sebelum laga akhir pekan nanti, Scoister berada di peringkat ke-12 dengan perolehan cukup jauh dari zona relegasi.

Ancaman Angers buat ASM terlihat dari pertemuan pertama di Stade Louis II. Monaco hanya bisa menang tipis 2-1 setelah tertinggal lebih dulu dan bahkan baru menang berkat gol bunuh diri penyerang Angers, Dickson Nwakaeme.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X