Pele, Scolari, Jacksen, dan Indonesia (2)

By Suryo Wahono - Selasa, 23 April 2013 | 17:48 WIB
Luiz Felipe Scolari
Getty Images/Ilustrasi
Luiz Felipe Scolari

Kamis, 18 April 2013. Badan Tim Nasional (BTN) PSSI akhirnya mengumumkan nama Jacksen F. Tiago sebagai pelatih timnas Indonesia.

Sambungan dari Bagian Pertama

Euforia pecinta Tim Garuda melonjak. Lelaki asal Brasil berusia 44 tahun tersebut merupakan salah satu pelatih terbaik di Tanah Air saat ini.

Jacksen F. Tiago memang sudah mencuri hati pecinta timnas. Jacksen adalah pilar utama di lini depan Persebaya saat meraih gelar juara Liga Indonesia 1996/97. Sebagai pelatih, ia juga membawa Persebaya serta Persipura menjadi klub terbaik di Indonesia.

Bekal malang-melintang di berbagai penjuru negeri membuatnya paham karakter orang Indonesia.

“Baguslah kalau Jacksen yang diangkat menjadi pelatih timnas. Prestasinya bagus dan sudah paham bagaimana menangani pemain Indonesia,” kata Mundari Karya, Pelatih PSPS yang pernah menukangi timnas U-16, dalam wawancara dengan BOLA.

Hanya, tetap ada hal yang mengganjal. Penunjukan Jacksen bukan hanya mengejutkan, tetapi juga kental dengan aroma pergeseran peta kekuatan di tubuh PSSI.

Tentu semua masih ingat dengan perlakuan tidak mengenakkan yang diterima Nil Maizar akhir Februari silam. Urang awak ini diberhentikan secara sepihak dari pos pelatih timnas tanpa penjelasan apapun dari PSSI. Kontrak uda Nil sendiri awalnya direncanakan hingga Piala Asia 2015.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, menunjuk Luis Manuel Blanco sebagai pelatih anyar untuk timnas senior dan U-23. Hanya, belum sempat menangani Serginho van Dijk cs., jabatan pelatih timnas kembali beralih.

Blanco bahkan tak berada di bench saat Tim Merah-Putih menghadapi Arab Saudi di laga Kualifikasi Piala Asia 2015 pada pertengahan Maret. Posisinya ditempati duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago.


Editor : Andrew Sihombing
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X