Korea Utara dalam Misi Lahirkan Messi Baru

By Ade Jayadireja - Kamis, 17 November 2016 | 07:16 WIB
 Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang diciptakannya ke gawang Manchester City dalam pertandingan penyisihan grup Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (19/10/2016) atau Kamis dini hari WIB.
PAU BARRENA / AFP
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang diciptakannya ke gawang Manchester City dalam pertandingan penyisihan grup Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (19/10/2016) atau Kamis dini hari WIB.

Korea Utara menyimpan ambisi besar. Mereka ingin melahirkan pesepak bola yang lebih hebat dari megabintang FC Barcelona dan pemilik 5 Ballon d'Or, Lionel Messi.

Di bawah pimpinan Presiden Kim Jong-un, sepak bola menjadi prioritas Korea Utara. Pemerintah menggelontorkan dana besar untuk membantu produksi pemain berbakat.

Lewat pembinaan usia dini yang baik, Korea Utara yakin akan muncul pemain sekelas Messi dari negara mereka.

"Kami melatih para pemain muda agar menjadi pesepak bola berbakat melebihi Messi," kata Yu He, pelatih sekolah sepak bola Pyongyang Football.

Lebih lanjut, dikatakan Shang Ri Myong yang merupakan mantan kiper timnas Korea Utara, target pertama negaranya adalah menguasai sepak bola Asia dan kemudian dunia.

Baca juga:

"Untuk sekarang, kami ingin mendominasi Asia. Selanjutnya, saya harap kami bisa menguasai dunia," tutur Ri Myong.

Korea Utara pernah membuat kejutan di pentas internasional ketika tembus ke perempat final Piala Dunia 1966. Langkah mereka terhenti setelah dijegal oleh Portugal.

Chollima, julukan timnas Korea Utara, kembali tampil di Piala Dunia 2010. Tak sebaik prestasi sebelumnya, langkah mereka cuma sampai penyisihan grup.

Untuk saat ini, Korea Utara menempati peringkat ke-126 klasemen FIFA. Mereka berada jauh di atas Indonesia (179).


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X