SEJARAH HARI INI - Chris John Jadi Raja Tinju Dunia Ke-3 dari Indonesia

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 26 September 2023 | 07:00 WIB
Pertarungan Chris John (kanan) melawan Oscar Leon dalam perebutan sabuk juara interim kelas bulu WBA, 26 September 2003 di Bali.
BOXREC.COM
Pertarungan Chris John (kanan) melawan Oscar Leon dalam perebutan sabuk juara interim kelas bulu WBA, 26 September 2003 di Bali.

JUARA.NET - Indonesia memiliki raja tinju dunia ke-3 yaitu Chris John dalam sejarah hari ini 20 tahun yang lalu, 26 September 2003.

Ellyas Pical adalah pionir juara dunia tinju dari Indonesia yang pertama kali meraih sabuk juara kelas terbang super IBF pada 3 Mei 1985.

Berikutnya ada Nico Thomas yang menjadi juara kelas jerami IBF pada 17 Juni 1989.

Perlu waktu cukup lama sampai ada petinju Indonesia lagi yang bisa menjadi juara dunia.

Karier profesional Chris John dimulai pada 4 Juni 1998.

Petinju kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, ini menjadi juara kelas bulu Indonesia dengan mengalahkan Muhammad Alfaridzi pada 6 Juni 1999.

Dengan rekor 24-0, Chris kemudian menjadi juara kelas bulu PABA (Pan Asian Boxing Association) pada 9 November 2001 dengan mengalahkan Soleh Sundava.

Setelah mempertahankan sabuk juara PABA selama hampir dua tahun, kesempatan bagi Chris John menjadi juara dunia akhirnya datang saat rekornya mencapai 32-0.

Dalam sejarah hari ini pada 26 September 2003 di Hotel Kartika Plaza, Kuta, Bali, Chris tampil menghadapi petinju asal Kolombia, Oscar Leon, untuk memperebutkan sabuk interim kelas bulu WBA.

Di ronde ke-11, Chris sempat merobohkan Leon.


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : BoxRec.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X