SEJARAH HARI INI - Diintai Parkinson, Muhammad Ali Jadi Juara Dunia Tinju Kelas Berat Lineal 3 Kali

By Dwi Widijatmiko - Jumat, 15 September 2023 | 06:00 WIB
Muhammad Ali (kanan), mengalahkan Leon Spinks dan menjadi juara dunia tinju kelas berat untuk ketiga kalinya pada 15 September 1978 di New Orleans, Amerika Serikat.
TWITTER @MUHAMMADALI
Muhammad Ali (kanan), mengalahkan Leon Spinks dan menjadi juara dunia tinju kelas berat untuk ketiga kalinya pada 15 September 1978 di New Orleans, Amerika Serikat.

JUARA.NET - Pada hari ini tepat 45 tahun yang lalu, 15 September 1978, Muhammad Ali masih bisa menjadi juara dunia tinju kelas berat untuk ketiga kalinya sebelum mulai terserang Sindrom Parkinson.

Ali pertama kali menjadi juara dunia kelas berat pada 25 Februari 1964 dalam usia 22 tahun 39 hari.

Legenda tinju berjulukan The Greatest ini mengalahkan Sonny Liston untuk merebut sabuk juara WBA dan WBC.

Muhammad Ali meraih gelar juara untuk kedua kalinya pada 30 Oktober 1974 dalam usia 32 tahun 286 hari setelah mengalahkan George Foreman.

Dia kembali merebut sabuk WBA dan WBC yang sempat lepas dari tangannya setelah kalah dari Joe Frazier pada 8 Maret 1971.

Dalam laga pada 15 September 1978 di Superdome, New Orleans, Amerika Serikat, Ali kembali merebut sabuk WBA.

Pemilik rekor total 56-5 itu membalas kekalahan dari Leon Spinks tujuh bulan sebelumnya yang membuat dia kehilangan gelar.

Rekor tiga kali merebut sabuk tinju kelas berat ini spesial karena sampai sekarang Muhammad Ali adalah satu-satunya orang yang mampu tiga kali menjadi juara dunia tinju kelas berat secara lineal.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI - Floyd Mayweather Tak Bisa Dipukul, Canelo Alvarez Sampai Frustrasi

Lineal maksudnya adalah Ali menjadi juara dengan mengalahkan pemegang sabuk yang sebelumnya masih bertakhta.


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X