SEJARAH HARI INI - Lionel Messi Persembahkan Medali Emas Olimpiade buat Argentina

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 23 Agustus 2023 | 06:00 WIB
Lionel Messi memenangi medali emas Olimpiade 2008 di cabang sepak bola setelah membawa Argentina mengalahkan Nigeria 1-0 di final pada 23 Agustus 2008 di Beijing.
JEWEL SAMAD/AFP
Lionel Messi memenangi medali emas Olimpiade 2008 di cabang sepak bola setelah membawa Argentina mengalahkan Nigeria 1-0 di final pada 23 Agustus 2008 di Beijing.

JUARA.NET - Pada hari ini tepat 15 tahun yang lalu, 23 Agustus 2008, Lionel Messi memberikan medali emas untuk negaranya, Argentina, dari cabang olahraga sepak bola putra di Olimpiade 2008.

Di Olimpiade yang berlangsung di Beijing, China, Argentina mencoba mempertahankan gelar juara yang diraih empat tahun sebelumnya.

Lionel Messi kala itu baru berusia 21 tahun tetapi sudah menjadi pemain penting di Barcelona.

Sebetulnya Barcelona melarang Messi bermain di Olimpiade 2008 karena jadwalnya bertepatan dengan Kualifikasi Liga Champions.

Untungnya saat itu Barcelona mulai ditangani oleh Pep Guardiola, yang pernah memenangi medali emas Olimpiade 1992.

Tahu seberapa pentingnya membela negara di Olimpiade, Guardiola mengintervensi keputusan Barcelona dan membiarkan Messi pergi.

"Tidak ada orang di Barcelona yang menginginkan saya pergi ke Olimpiade, tetapi saya ingin berangkat," kenang Messi seperti dikutip dari Olympics.

"Pep adalah orang yang memberi saya izin."

"Dalam pramusim di Italia, dia menarik saya dan bilang: 'Kamu ingin pergi, bukan?'. Saya jawab ya," kata Messi lagi.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI - Sejarah Petenis Biasa-biasa Saja Rebut 2 Medali Emas dalam 1 Olimpiade


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Olympics


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X