SEJARAH HARI INI - Legenda-legenda Man United Jadi Saksi Adu Penalti Pertama di Inggris

By Dwi Widijatmiko - Sabtu, 5 Agustus 2023 | 06:00 WIB
Para pemain Manchester United setelah kalah dari Hull City dalam adu penalti pertama di sepak bola Inggris, 5 Agustus 1970.
TDIFH.BLOGSPOT.COM
Para pemain Manchester United setelah kalah dari Hull City dalam adu penalti pertama di sepak bola Inggris, 5 Agustus 1970.

JUARA.NET - Pada hari tepat 53 tahun yang lalu, 5 Agustus 1970, sejumlah legenda Manchester United menjadi saksi berlangsungnya adu penalti pertama di sepak bola Inggris.

Dalam sejarahnya, sepak bola terus mengalami perkembangan.

Banyak peraturan yang dikenal saat ini, seperti pergantian pemain, kartu kuning, dan kartu merah, tidak serta merta dipakai sejak sepak bola pertama kali dimainkan.

Contohnya adu penalti sebagai sebuah cara untuk menentukan pemenang sebuah pertandingan.

Antara 1867 hingga 1970, peraturan sepak bola tidak menyediakan sebuah metode untuk menyudahi hasil imbang.

Dulu masih dipakai perpanjangan waktu, memainkan ulang pertandingan, atau bahkan melakukan undian buat menentukan pemenang jika sebuah laga berakhir imbang.

International Football Association Board (IFAB), badan yang membuat peraturan sepak bola, akhirnya mengadaptasi adu penalti pada 1970.

Di sepak bola profesional Inggris, adu penalti pertama terjadi pada 5 Agustus 1970 di Boothferry Park, Hull.

Momennya terjadi pada laga semifinal Piala Watney antara Manchester United dan Hull City.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI - Susi Susanti Buka Jalan Medali Emas Olimpiade untuk Indonesia

Piala Watney adalah turnamen pramusim yang diikuti oleh tim-tim pencetak gol terbanyak dari empat divisi Liga Inggris pada musim sebelumnya yang tidak promosi dan tidak tampil di kompetisi antarklub Eropa.


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X