Dihapusnya Karate di Olimpiade 2024 Picu Kemarahan Berbagai Pihak

By Imadudin Adam - Sabtu, 23 Februari 2019 | 21:26 WIB
Atlet karate Indonesia, Cokorda Istri Agung Sanistyarani, meraih medali perunggu Asian Games 2018 di
wiwidbola
Atlet karate Indonesia, Cokorda Istri Agung Sanistyarani, meraih medali perunggu Asian Games 2018 di

Penulis: Tjahjo Sasongko

JUARA.NET - Dicoretnya cabang olahraga karate di Olimpiade 2024 Paris membuat banyak pihak marah dan kecewa.

Asosiasi karete dunia dalam pernyataan tertulis, Jumat (22/02/2019) menyebut hal ini sebagai kemunduran dan satu hal yang menyedihkan.

"Kami percaya telah memenuhi semua persyaratan dan kondisi sempurna untuk disertakan, namun kami harus menerima kenyataan hal tersebut tidak dapat terwujud," kata ketua Antonio Espinos.

"Perancis adalah salah satu negara terkuat pada cabang karate.  Kami berharap dapat tampil di Paris pada 2024 mengingat olahraga ini sangat popuker di Perancis," kata Espinos.

Karate akan  dipertandingkan di Olimpiade untuk pertamakali di Tokyo 2020. Namun olahraga ini  dicoret dari empat olahraga yang diusulkan ikut pada Olimpiade 2024 termasuk selancar, skateboard, panjat tebing dan breakdance.

Asosiasi karate Jepang yang mendominasi perolehan medali kejuaraan dunia juga bereaksi keras.  "Pengumuman ini bahkan keluar saat para penggemar belum menyaksikan karate dipertandingkan du Olimpiade Tokyo.

Ini akan membuat antusias menurun di Tokyo," kata Sekjen  asosiasi karate Jepang, Shuji Kusaka.

Begitu pun asosiasi karate Spanyol  yang merupakan empat besar negara  dominan selain Jepang, Perancis dan Inggris turut mengritisi keputusan ini.

"Kami akan menampilkan karate tingkat tertinggi di Tokyo dan menunjukkan bahwa olahraga ini memang layak untuk ikut Olimpiade. Kami akan menunjukkan kepada panitia pelaksana Paris 2024 bahwa mereka mengambil keputusan yang salah."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Pencoretan Karate dari Olimpiade 2024 Timbulkan Kemarahan", https://olahraga.kompas.com/read/2019/02/23/00515848/pencoretan-karate-dari-olimpiade-2024-timbulkan-kemarahan
Penulis : Tjahjo Sasongko
Editor : Tjahjo Sasongko


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X