Timnas U-23 Hanya Butuh Menang Satu Gol!

By Suryo Wahono - Minggu, 15 Desember 2013 | 20:33 WIB
Dendi Santoso, tak perlu menang empat gol.
Ario Yosia/Bolanews
Dendi Santoso, tak perlu menang empat gol.

23 Indonesia sehari menjelang laga terakhir penyisihan Grup B sepak bola SEA Games melawan Myanmar, Senin (16/12). Timnas U-23 hanya butuh kemenangan satu gol untuk memastikan lolos ke semifinal. ==Laporan Ario Yosia dari Myanmar==

Pada Minggu (15/12) sore perwakilan ofisial timnas melakukan konsultasi soal regulasi penghitungan klasemen akhir untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal. "Sempat terjadi perdebatan di jajaran ofisial timnas mengenai regulasi penghitungan nilai di SEA Games, apakah menggunakan sistem selisih gol atau head to head antartim pesaing," tutur Rahmad Darmawan, pelatih timnas U-23.

Komisi pertandingan sepak bola SEA Games, Prince Rufus, memberi kepastian bahwa jika ada tim yang memiliki poin sama di klasemen akhir untuk menentukan siapa yang layak ke semifinal menggunakan sistem head to head.  Di mana dua tim yang sama posisinya akan ditentukan lewat hasil pertandinan yang mempertemukan keduanya.

Indonesia saat ini mengoleksi empat poin dari tiga pertandingan. Defisit gol Indonesia tiga gol setelah kalah 1-4 melawan Thailand. Sebelumnya timnas U-23 menang tipis 1-0 atas Kamboja. Di sisi lain Myanmar mengumpulkan tujuh poin. Mereka menang 3-0 atas Kamboja dan 3-1 atas Timor leste dan meraih hasil imbang 1-1 melawan Thailand.

"Kabar gembira ini melegakan semua pemain. Tekanan berkurang. Mereka tak terbebani kewajiban menang minimal empat gol lagi," ujar Chandra Solechan, manajer timnas U-23.

Peraturan soal head to head ini sender tercantum dalam Regulasi Sepak Bola SEAG 2013 Sistem Kompetisi II poin II yang menyebutkan untuk menentukan tim yang berhak lolos ke semifinal mengacu pada hasil pertandingan antaradua tim yang memiliki poin sama.


Editor : Ario Yosia


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X