Indonesia Lolos Berkat Gol Alfin Tuasalamony

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 16 Desember 2013 | 18:07 WIB
Alfin Ismail Tuasalamony melakukan selebrasi usai mencetak gol
Ario Yosia/Bolanews
Alfin Ismail Tuasalamony melakukan selebrasi usai mencetak gol

0 atas Myanmar, Senin (16/12) malam WIB. Pasukan Rahmad Darmawan memastikan lolos sebagai runner-up karena unggul head to head meski mengemas tujuh poin sama dengan Myanmar.

Indonesia menghadapi laga berat melawan tuan rumah Myanmar di partai lanjutan Grup B SEA Games 2013, Senin (16/12). Garuda Muda wajib meraup poin penuh di laga ini guna mengklaim tempat di semifinal.

Menghadapi laga hidup-mati di Stadion YTC Yangon, Myanmar, Indonesia kembali tidak diperkuat Andik Vermansyah. Pelatih Rahmad Darmawan juga tidak memainkan sang kiper andalan sekaligus kapten tim, Kurnia Meiga. Sebagai gantinya, RD menempatkan Andrittany Ardhiyansa di bawah gawang Indonesia.

Pertandingan berlangsung dalam tempo sedang di awal babak pertama. Kendati demikian, pada menit keempat Bayu Gatra mendapat kesempatan bagus untuk mencetak gol usai menerima umpan terobosan dari Yandi Sofyan, tapi sayang tembakan yang dilepaskannya lemah dan mampu diredam kiper Myanmar. Pada menit ke-11 Bayu kembali mendapatkan peluang emas, namun tendangannya masih melebar meski berhasil membuat kiper Pyae Phyo Aung tidak berdaya.

Alfin Tuasalamony dijatuhkan Phyo Aung di dalam kotak penalti pada menit ke-35 saat melakukan penetrasi. Pelanggaran tersebut memaksa wasit menunjuk titik putih. Alfin yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan menjadikan Indonesia unggul 1-0 atas Myanmar di babak pertama.

Di babak kedua Myanmar tampil lebih menekan. Akan tetapi, pertahanan Indonesia cukup baik menghalau gempuran pada pemain tim tuan rumah.

Indonesia baru bisa mendapatkan peluang bagus pada menit ke-79. Untuk ketiga kali Bayu Gatra gagal memaksimalkan peluang emas yang didapatnya. Peluang tersebut berawal dari kerja sama Andik Vermansah dan Yandi Sofyan.

Satu menit kemudian, serangan yang dibangun Myanmar hampir membuahkan gol. Tepat pada menit ke-80 Kaung Si Thu mendapat ruang terbuka untuk melepaskan tembakan langsung. Akan tetapi, tendangannya tidak sempurna dan masih melebar di sisi kanan gawang Andritany.

Timnas Indonesia U-23 semakin berada di atas angin karena pada menit ke-88 wasit mengganjar Ye Lin Aung dengan kartu merah. Akan tetatapi, unggul jumlah pemain tidak memberikan banyak pengaruh karena hingga pertandingan berakhir skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.

Indonesia melaju ke semifinal sebagai runner-up. Sementara itu, Thailand keluar sebagai juara Grup B setelah bermain imbang 0-0 melawan Kamboja di laga terakhir fase grup.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X