Penalti Emmanuel Kenmogne Selamatkan Persebaya

By Eko Widodo - Sabtu, 1 Februari 2014 | 18:39 WIB
M. Nasir/BOLA

1 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (1/2) petang. Namun, laga ini diwarnai dengan kericuhan di pengujung laga.

Sebagai tuan rumah, Persebaya yang diarsiteki pelatih timnas SEAG 2013, Rahmad Darmawan memberikan tekanan kepada Mitra Kukar. Meski ditekan, Mitra Kukar dengan jeli mengamati gaya permainan baru milik Persebaya. Itu senada dengan ucapan asisten pelatih Mitra Kukar, Sukardi Kardok, sebelum laga.

"Pada 15 menit pertama kami akan melihat permainan Persebaya. Kami akan bertahan pada durasi itu. Jika kami yakin bisa meladeni mereka, maka kami akan keluar untuk menyerang," ujar Sukardi, kepada kontributor BOLA, Gatot Susetyo kemarin.

Persebaya memetik hasil dari serangan yang dilakukan pada menit ke-16. Gerakan Greg Nwokolo yang apik berhasil mengecoh dan melewati tiga pemain bertahan Mitra Kukar. Dengan cerdik, Nwokolo mengirimkan bola matang kepada pemain asal Kamerun, Emmanuel Kenmogne. Dengan mudah Emmanuel Kenmogne menceploskan bola ke gawang yang dijaga Joice Sorongan.

Mitra Kukar dengan sigap segera bangkit. Tak perlu waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-19, sebuah tendangan bebas melengkung Erick Weeks mengecoh Ferry Rotinsulu. Dengan cerdik Weeks menggunakan kaki kirinya mengecoh Ferry ke sisi tiang dekat.

Pada menit ke-36 kembali Greg Nwokolo nyaris menggandakan keunggulan bagi Persebaya. Umpan terobosan Alfin Tuasalamony diantisipasi dengan Greg yang asal Nigeria itu. Namun, bek Mitra Kukar Park Chul-hyung bisa mengantisipasi dan menghalaunya.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pertandingan di babak kedua berlangsung dalam tempo tinggi. Kekuatan kedua tim masih seimbang. Persebaya mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-67 setelah Greg Nwokolo dilanggar di kotak terlarang. Tendangan Kemogne berhasil melesak masuk. Namun, hukuman itu diprotes pemain Mitra Kukar. Tak digubris oleh wasit, Mitra Kukar terus menggempur pertahanan Persebaya.

Di pengujung laga, Ambrizal dari Persebaya sepertinya melakukan handsball di kotak penalti Persebaya. Namun wasit luput memberikan hukuman. Akibatnya, kembali pemain Mitra Kukar melakukan protes keras. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Persebaya.

Roster Persebaya: Fery Rotinsulu; Ambrizal, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalamony (Fandi Eko 85'), Hasim Kipuw; Leo Saputra, Patrick Nzekou, Muhammad Ilham (Novri Setiawan 88'); Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne
Pelatih: Rahmad Darmawan

Roster Mitra Kukar: Joice Sorongan; Park Chul-hyung (Dedi KUsmawan 63'), Zulkifli Syukur, Diego Michiels, Raphael Maitimo; Reinaldo Loboro, Bima Sakti, Zulham Zamrun, Erminarno; Jajang Mulyana (Fadil Sausu 80'), Erick Weeks
Pelatih: Stefan Hansson


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X