Marc Marquez Calon Kuat Peraih Laureus Award

By Oka Akhsan M. - Rabu, 19 Februari 2014 | 20:27 WIB
Marc Marquez, bersaing dengan lima kandidat lain di kategori Pendatang Baru Terbaik.
Mirco Lazzari gp/Getty Images
Marc Marquez, bersaing dengan lima kandidat lain di kategori Pendatang Baru Terbaik.

Pebalap MotoGP, Marc Marquez, dan pebalap sepeda, Nairo Quintana, menjadi kandidat kuat pemenang Laureus Award 2014 untuk kategori Atlet Pendatang Baru Terbaik. Sebagai debutan, keduanya meraih prestasi yang luar biasa pada 2013.

Dalam rilis yang dikeluarkan panitia, Marquez (20 tahun) disebut sebagai pebalap pertama yang meraih titel juara dunia kelas premier pada musim debut setelah Kenny Roberts pada 1978. Ia juga menjadi pebalap termuda sepanjang 65 tahun sejarah balap motor grand prix yang memenangi tiga kelas berbeda, 125 cc, Moto2, dan MotoGP.

Pencapaian Quintana (23) juga tak kalah cemerlang. Pebalap sepeda asal Kolombia itu menjadi runner-up serta memenangi titel raja tanjakan dan merebut jersey pebalap muda terbaik Tour de France 2013.

Performa Quintana merupakan yang terbaik di antara pebalap sepeda Amerika Latin. Ia juga menjadi rookie pertama yang finis di posisi podium sejak 1996.

Meski demikian, pesaing Marquez dan Quintana juga tak kalah bertalenta. Masih ada dua pegolf putri, Lydia Ko (Selandia Baru) dan Guan Tianlang (Cina), serta pesenam AS, Simone Biles, dan Yana Kudryavtseva (Rusia).

Kandidat lain di kategori ini adalah tim kriket Afghanistan yang membangkitkan kebanggaan nasional di negara yang hancur akibat perang itu.

Seluruh atlet yang masuk nominasi di tujuh kategori Laureus Award akan diumumkan pada 26 Februari. Pemberian penghargaan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 26 Maret.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X