Indonesia Pernah Tampil Di Piala Dunia 1938?

By Caesar Sardi - Kamis, 10 April 2014 | 17:00 WIB
Timnas Hindia Belanda menjelang pertandingan melawan Hungaria.
Dok. Mingguan BOLA
Timnas Hindia Belanda menjelang pertandingan melawan Hungaria.

19 Juni 1938, nama-nama Melayu ikut beredar meramaikan Piala Dunia ke-3.

Tidak percaya? Simaklah. Ada Meeng, ada Soedarmadji, ada Nawir, ada Anwar. Ada juga Pattiwael, Hong Djien, dan sebagainya.

Mereka bagian dari tim nasional Indonesia? Bukan. Mereka adalah pasukan Hindia-Belanda, satu dari 15 negara yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan kali ini.

Hasilnya? Bisa ditebak. Hindia-Belanda, yang lolos ke putaran final melalui grup 12 - setelah Jepang mengundurkan tanpa alasan - pagi-pagi sudah harus kandas dalam penyisihan yang dimainkan dengan sistem gugur itu.

Bertanding melawan Hungaria, Anwar dkk tanpa ampun disungkurkan dengan skor telak, 6-0. Separuh pertandingan, Hungaria sudah memimpin 6-0.

Ketika itu, tanggal 5 Juni 1938, dalam partai yang dipentaskan di stadion Reims, dan dipimpin wasit Conrie asal Prancis, gawang Hindia-Belanda yang dikawal Mo Hang dibocorkan lewat aksi Kohut, Toldi, serta masing-masing dua gol dari Sarosi dan Zsengeller.

Hungaria sendiri kemudian sampai ke final. Namun, di partai puncak ini, Zsengeller dan kawan-kawan dihentikan juara bertahan Italia dengan skor 4-2.

"Indonesia" (baca: Hindia-Belanda), memang cuma sekali tampil dan itu pun digasak Hungaria. Tapi sejarah Piala Dunia sudah mencatat, tim dari Tanah Melayu pernah hadir di pentas kejuaraan akbar tersebut.

Dan itu, hingga 56 tahun kemudian sampai sekarang, belum pernah terulang lagi.

(Penulis: Hardimen Koto, Mingguan BOLA Edisi No. 536, Minggu Kedua Juni 1994)


Editor : Caesar Sardi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X