Zat Beracun Ada di Sepatu Messi dan Neymar?

By Senin, 19 Mei 2014 | 20:40 WIB
Lionel Messi (tengah)
Alex Livesey/Getty Images
Lionel Messi (tengah)

alat olah raga ternama, belakangan saling berlomba untuk membuat sepatu berteknologi paling mutakhir. Namun, benarkah sepatu yang kerap dikenakan pemain-pemain hebat itu mengandung zat berbahaya?

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Greenpeace, beberapa produk sepatu yang diantaranya akan dipakai Lionel Messi dan Neymar di Piala Dunia 2014 nanti ternyata mengandung zat kimia berbahaya.  

Organisasi lingkungan hidup tersebut mengaku telah menguji secara total 33 produk: 21 sepatu sepak bola, 7 jersey, 4 sarung tangan kiper, dan 1 bola resmi Piala Dunia 2014.

Dalam produk-produk tersebut ditemukan zat seperti perfluorinated chemicals (PFC), nonylphenolethoxylates (Npes), phtalates, dan dimetilformamida (DMF) yang dapat larut ke dalam lingkungan dan masuk ke dalam rantai makanan mahluk hidup.

"Zat seperti PFC, phtalates, DMF dll. memiliki sifat persisten dan bisa terakumulasi di tubuh manusia. Efeknya memang tidak akan langsung bisa dirasakan orang yang terpapar zat itu, namun, jika sudah mengendap di dalam tubuh maka akan dapat memicu gangguan sistem imun, reproduksi dan penyakit kanker," kata Ahmad Ashov Birry, Juru Kampanye Detox Greenpeace Indonesia dalam konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/5).

Sejak 2011, Greenpeace memang telah gencar menyuarakan Kampanye Detox yang bertujuan mengajak para pelaku industri, termasuk beberapa produsen alat olah raga agar mereduksi penggunaan bahan kimia berbahaya pada produk mereka. Pada 2020, Greenpeace berharap para pelaku industri sudah seratus persen terbebas dari penggunaan zat kimia berbahaya di produk mereka.


Editor :
Sumber : Harian BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X