Tujuh Pelanggaran ini Tidak Lazim

By Suryo Wahono - Selasa, 3 Juni 2014 | 21:44 WIB
Luis Suarez, produktif menghasilkan gol tapi kontroversial.
Getty Images
Luis Suarez, produktif menghasilkan gol tapi kontroversial.

Pelanggaran yang dilakukan seorang pemain bola sampai diusir dari lapangan adalah sesuatu yang umum. Tapi, tujuh pelanggaran ini tidak lazim dan mungkin termasuk yang paling banyak dibicarakan penggemar sepak bola.

1. Luis Suarez (Menggigit)

Dia telah dua kali menggigit pemain lawan. Pertama, saat partai Ajax vs PSV (2010). Setelah adau mulut dengan Ottman Bakkal (PSV), Suarez menggigit bahu Bakkal dan diusir dari lapangan. Selain itu, dia dilarang tampil sebanyak tujuh pertandingan. Itu adalah pertandingan terakhirnya untuk Ajax sebelum bergabung dengan Liverpool tak lama setelah kejadian tersebut. Kedua, Liverpool vs Chelsea (2013). Suarez menggigit Branislav Ivanovic ketika pemain Chelsea itu mendekat di dalam kotak penalti. Kali itu dia dilarang tampil untuk 10 pertandingan.

2. Eric Cantona (Tendangan Kungfu)

Partai Manchester United vs Crystal Palace (1995) Eric Cantona diusir dari lapangan setelah diberi kartu merah. Tapi, seorang penggemar Crystal Palace memanas-manasi Cantona dan akhirnya tendangan kungfu yang terkenal itu melayang ke arah bangku penonton di pinggir lapangan. Cantona kemudian diganjar larangan tampil selama 9 bulan.

3. Paul Gascoigne (Mengkartu Wasit)

Ini mungkin pemberian kartu kuning paling lucu. Wasit Dougie Smith menjatuhkan kartu kuning dari sakunya saat pertandingan Rangers vs Hibernian (1995). Gascoigne mengambil kartu itu dan berlagak seperti wasit dengan memberi sang wasit utama kartu kuning, sebelum akhirnya dibalas (betulan). Itu adalah kartu kuning ke-10 di musim tersebut bagi Gascoigne, yang membuatnya dilarang tampil untuk dalam laga.

4. Paolo di Canio (Menjatuhkan Wasit)

Paolo di Canio mungkin termasuk sosok pemain paling kontroversial. Saat diusir dari laga Sheffield Wednesday vs Arsenal (1998), Canio kesal dan mendorong wasit, Paul Alcock, hingga jatuh ke rumput. Untuk pelanggaran ini dia dilarang tampil di 11 pertandingan serta didenda 10 ribu pound.

5. Lee Bowyer dan Kieron Dyer (Berkelahi)

Perkelahian di lapangan sepak bola sudah banyak. Tapi, Bowyer dan Dyer ketika itu berada dalam satu tim. Pada pertandingan Newcastle United vs Aston Villa (2005), Bowyer tidak mengoper bola ke Dyer, kemudian Dyer marah dan menonjok Bowyer lalu terjadilah perkelahian hingga dilerai pemain-pemain lainya. Keduanya dikeluarkan dari lapangan dan dihukum klub.

6. Luis Moreno (Menendang Maskot)

Ini juga salah satu yang terlucu. Saat Deportivo Pereira menjamu Junior Barranquila (2011), maskot keberuntungan Barranquila, seekor burung hantu, terbang turun ke tanah dengan sayap terluka. Moreno tiba-tiba menendang burung hantu tersebut hingga mati. Alhasil, dia dilarang tampil dua laga dan didenda sekitar lima juta rupiah. Selain itu, dia juga dihukumg dengan melakukan kerja sosial di kebun binatang.

7. Pepe (Menendang dan Menginjak)

Inilah salah satu aksi paling brutal dari seorang pemain. Bek Real Madrid ini tak hanya menendang pemain Getafe, Javier Casquero hingga tersungkur ke tanah, tapi juga menginjak-injaknya berulang kali. Pepe kemudian memukul Juan Angel Albin tepat di rahang serta menghina wasit keempat setelah meninggalkan lapangan.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Kompilasi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X