Klub Bola di Yogya(9): Gagal Promosi Kasta Tinggi

By Editor Eko Widodo - Selasa, 8 April 2014 | 19:30 WIB
Ilustrasi pawai PSS Sleman.
Gonang Susatyo
Ilustrasi pawai PSS Sleman.

Bagaimana dengan PSS? Mirip dengan tim dari kota tetangga, PSS juga belum sanggup mengukir prestasi sensasional di kancah sepak bola nasional. Hanya, Tim Elang Jawa boleh dikatakan lebih fresh dalam hal raihan prestasi karena gelar itu diraih dalam kurun waktu satu dasawarsa terakhir.

PSS pernah berada di peringkat keempat Divisi Utama pada 2003 dan 2004. Khusus di musim 2004, peluang untuk menjadi juara lebih besar walau akhirnya kandas. Kabar menyebut klub serius berhitung apabila PSS muncul sebagai juara saat itu.

“Saat itu, skuat PSS memang yang terbaik. Kami mendatangkan pemain dan pelatih dari Argentina. Hanya kami harus berhitung bila menjadi juara dan tampil di Liga Champions Asia, dana yang dibutuhkan membengkak sampai Rp15 miliar. Padahal kebutuhan kompetisi domestik saat itu baru berkisar Rp7-8 miliar,” ujar Henricus Mulyono yang kala itu menjadi Manajer PSS.

Setelah itu, tim yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo tersebut masih mampu mengukir prestasi lain, di antaranya melangkah ke semifinal Piala Indonesia 2005 sebelum dihentikan Arema yang kemudian keluar sebagai juara. Pada 2007, PSS gagal mendapat jatah promosi ke edisi perdana LSI (2008). Musim lalu Elang Jawa sukses menjadi kampiun Divisi Utama LPIS, tetapi mereka tetap gagal promosi ke kasta tertinggi.

Menarik menanti sampai sejauh mana prestasi kedua tim dari Tanah Mataram itu di kompetisi musim ini.

Sumber: Harian BOLA; Penulis: Gonang Susatyo

BOLA UNTUK INDONESIA - #Bangga Sepak Bola Kita

Seri Tulisan BOLA UNTUK INDONESIA - #Bangga Sepak Bola Kita
Klub Bola di Yogya(1): Beda Hasrat PSIM dan PSS
Klub Bola di Yogya(2): Sulit Sartono Menjabat Rangkap
Klub Bola di Yogya(3): Kondisi Finansial Minimalis
Klub Bola di Yogya(4): Sponsor Masih Pontang-panting
Klub Bola di Yogya(5): Tanding Kandang Masih Kurang
Klub Bola di Yogya(6): Suporter Kembali Bertemu Sejak 2010
Klub Bola di Yogya(7): Laga Biasa, Bukan Derbi
Klub Bola di Yogya(8): PSIM 10 Tahun, PSS Tahun Lalu
Klub Bola di Yogya(9): Gagal Promosi Kasta Tertinggi




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X