Andreas Brehme dan 7 Mantan Bintang ini Bangkrut

By Suryo Wahono - Sabtu, 4 Oktober 2014 | 08:23 WIB
Andreas Brehme (1988), dari bintang lapangan jadi pembersih kamar mandi.
Getty Images
Andreas Brehme (1988), dari bintang lapangan jadi pembersih kamar mandi.

Dulu dia pahlawan timnas sepak bola Jerman, setelah itu pensiun, lalu melegenda. Tapi siapa sangka kini dia harus mencari sesuap nasi sebagai pembersih kamar mandi. Dia adalah Andreas Brehme.

Bagi yang belum siapa Andreas Brehme, prestasinya selama menjadi pemain cukup legendaris. Misalnya, dia mencetak gol kemenangan untuk Jerman tahun 1990 di Piala Dunia melawan Argentina dengan tendangan penalti menit ke-85.

Dia juga telah memenangi Bundesliga dan Serie A dengan klub seperti Bayern Muenchen dan Inter Milan, selain punya rekor bermain pada lebih dari 600 pertandingan.

24 tahun kemudian, dia dikabarkan bangkrus meninggalkan utang senilai 200 ribu euro, jumlah yang kecil bila mengingat gaji pemain-pemain bintang zaman sekarang.

"Kita memiliki tanggung jawab untuk membantu Andreas Berhme. Dia memberi begitu banyak bagi sepak bola Jerman, dia memberi kami titel (Piala Dunia). Sekarang saatnya bagi sepak bola Jerman untuk melakukan sesuatu untuknya," kata Franz Beckenbauer mengomentari sesama legenda.

Namun, bantuan yang didapatnya sejauh ini baru dari mantan rekan setim, Oliver Straube, yang kini punya perusahaan pembersihan kamar mandi. Brehme harus membersihkan toilet untuk menyambung hidup. Padahal, pekerjaan Brehme mantan asisten pelatih VfB Stuttgart pada 2006, selain dua klub lain di mana dia jadi manajer utama.

"Kami siap membawa Andreas ke dalam bisnis membersihkan kamar mandi. Dia akan belajar bahwa yang benar-benar penting adalah bekerja semestinya tepat dan kehidupan nyata," jelas Straube seperti dikutip DW.

Brehme hanyalah salah satu contoh bagaimana seorang pesohor sepak bola, yang dulunya berjaya nan kaya raya, kini jatuh miskin, bangkrut. Setidaknya di Inggris ada dua contoh: David James dan Lee Hendrie.

David James menyatakan dirinya pailit alias bangkrut. Menurut laporan The Sun, pensiunan kiper asal Inggris itu menanggung utang besar. Perceraiannya saja menghabiskan sekitar 3 juta pound ditambah pembagian laba masa depan.

Sementara itu, Lee Hendrie malah sempat mencoba dua kali bunuh diri tapi gagal. Untungnya, kini mantan bintang Aston Villa itu mulai bangkit dan mengelola sekolah sepak bola anak di Midlands.

Sejumlah bintang sepak bola lain ini juga mengalami hal yang serupa, antara lain mantan pemain Manchester United satu ini, Keith Gillespie, ada bek Celestine Babayaro, Eric Djemba-Djemba, John Barnes, serta John Arne Riise juga pernah dinyatakan bangkrut.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X