Estonia vs Inggris: Tiga Singa Cleansheet Lagi?

By Theresia Simanjuntak - Minggu, 12 Oktober 2014 | 21:56 WIB
Danny Welbeck
Michael Regan - The FA
Danny Welbeck

Inggris kembali menargetkan hasil sempurna tatkala melawat ke markas Estonia dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2016, Minggu (12/9).

Bersama Lithuania, Tim Tiga Singa selalu menang dan belum kebobolan di dua partai Grup E sebelumnya. Setelah menekuk Swiss 2-0 (9/9), Inggris menghabisi San Marino lima gol tanpa balas (10/10).

Pertahanan kokoh diperlihatkan Inggris. Gawang mereka sudah lama tidak dibobol lawan. Uruguay di babak grup Piala Dunia 2014 adalah rival terakhir yang sukses mendapatkan gol dari Wayne Rooney cs. Hal ini berarti Inggris selalu cleansheet di empat laga resmi dan persahabatan terbaru.

Sebaliknya, Estonia baru saja menelan kekalahan 0-1 dari Lithuania (10/10).

Potensi Inggris menjaga rekor 100 persen besar. Faktornya bukan hanya sekadar performa yang sedang berada di puncak, tapi karena juga sejarah.

Sebelumnya, kedua pihak telah bertemu dua kali di level senior, yakni pada Kualifikasi Euro 2008 pada Juni dan Oktober 2007. Semua bentrokan tersebut berakhir kemenangan 3-0 untuk kubu negeri Ratu Elizabeth II.

Yang mungkin menjadi problem tim tamu adalah efektivitas serangan. Manajer Roy Hodgson belakangan senang memakai pola berlian dengan menempatkan Rooney dan Danny Welbeck sebagai duo striker dan Raheem Sterling di nomor 10.

Kontra San Marino, sebanyak 17 dari 34 tembakan Inggris terhitung akurat. Hanya melahirkan lima gol memperlihatkan lini depan cenderung kurang tajam.

Tanpa pemain sayap murni dapat menjadi kendala lain buat Inggris. Pasalnya, Estonia senang melepaskan umpan-umpan silang. Melawan Lithuania, skuat besutan Magnus Pehrsson melancarkan 25 crossing di situasi open play.

"Saya sedikit mewaspadai Estonia. Mereka bisa membuat kejutan. Pendekatan mereka sangat Skandinavia dan Anda tahu betapa bagusnya tim-tim Skandinavia seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark dalam hal etika kerja," kata Hodgson di Sky Sports.

Welbeck, yang mengemas tujuh gol dari delapan partai terbaru Arsenal dan Inggris, menjadi tumpuan Inggris untuk mempermalukan tuan rumah Estonia.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Theresia Simanjuntak)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X