Palembang Siap Menampung Timnas Junior

By Kukuh Wahyudi - Rabu, 4 Februari 2015 | 15:13 WIB
Timnas Junior
Herka Yanis/Bolanews
Timnas Junior

16 dan U-19 yang sedang berlangsung di Pusat Pembinaan Usia Muda PSSI, Bojongsari, Depok, bakal berpindah lokasi sementara waktu. Penyebabnya adalah pembangunan komplek latihan oleh FIFA Goal Project.

Di komplek latihan tersebut akan merenovasi satu lapangan utama menjadi lapangan rumput sintetis pada Maret-Juni. Meski masih tersisa satu lapangan lagi, PSSI menilai kurang efektif bila tim besutan Fachri Husaini itu tetap berlatih di Bojongsari. Sebab, lapangan kedua memiliki kualitas yang tidak terlalu apik.

Maka PSSI sedang merumuskan lokasi yang cocok untuk memindahkan Egy Maulana dkk. "Timnas usia muda akan diimigrasikan dari Bojongsari. Opsi yang menguat saat ini adalah ke Palembang," kata Joko Driyono, Sekjen PSSI.

Sebenarnya, PSSI memiliki banyak pilihan bila ada pergeseran lokasi. Komplek Universitas Negeri Yogyakarta dan Kawasan Agrowisata Batu, Jawa Timur bisa saja digunakan. Dua lokasi itu kerap dijadikan lokasi pemusatan latihan timnas berbagai level dan sejumlah klub LSI dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, Palembang dinilai memiliki beberapa keunggulan dibanding dua lokasi itu. Lokasi yang akan digunakan selama di Palembang adalah Jakabaring Sport City. Pihak Asosiasi Provinsi PSSI Sumatera Selatan bahkan menyambut antusias rencana tersebut.

"Setelah Ketua Umum PSSI Djohar Arifin dan Sekjen PSSI Joko Driyono memantau lokasi, maka diputuskan bahwa Palembang dipilih sebagai lokasi pelatnas timnas usia muda. Kami akan memfasilitasi kebutuhan timnas selama di sini," ujar Sekretaris Asprov Sumsel, Augie Bunyamin.

Menurut Augie ada tiga faktor penting yang menyebabkan Palembang dipilih menjadi lokasi pelatnas. "Fakor-faktor itu adalah fasilitas yang lengkap, tersedianya sport science, dan penginapan pemain yang layak dan dekat dengan lapangan latihan. Semua itu tidak perlu kami renovasi lagi karena memang sudah bagus," tuturnya.

Asprov Sumsel telah menyediakan pilihan empat lapangan latihan untuk memfasilitas tim yang akan terjun di Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19 itu. Ada dua lapangan latihan di sekitar Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Stadion Gelora Bumi Sriwija, dan Stadion Gelora Sriwijaya.


Editor : Kukuh Wahyudi
Sumber : kukuh Wahyudi/Harian Bola


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X