Profil LSI 2015: Bali United Pusam

By Tulus Muliawan - Minggu, 1 Februari 2015 | 00:00 WIB

Nama Bali bakal bertambah populer melalui Bali United Pusam di panggung Liga Super Indonesia. Bali United baru diresmikan pada 17 Desember 2014 dari nama sebelumnya, Putra Samarinda. Bali dipilih oleh sponsor baru, Corsa, karena dinilai lebih punya prospek dari sisi bisnis.

BUP juga diharap memunculkan gairah sepak bola Bali seperti saat ada Gelora Dewata di era 1990an. “Kami tak peduli lagi klub ini dari mana datangnya. Kedatangan BUP ibarat dewa penghibur,” ujar Ida Bagus Mahendra, Ketua Umum Semeton Dewata, suporter BUP.

Kehadiran Indra Sjafri yang membawa serta tim pelatih dan mantan anak didiknya di timnas U19 seperti Hendra Sandi Gunawan, Yabes Roni Malaifani, Martinus Novianto, Awan Setho, serta Ricky Fajrin memberikan warna tersendiri.

Indra juga memberi kesempatan buat pemain Bali seperti I Nengah Sulendra (mantan kapten Perseden), I Nyoman Sukarja (striker PS Badung), dan pemain asal Ngada, Flores, yang besar di Bali, Felicianus Junius R. Bate.

BUP tampil dengan logo baru yang keren. Dominasi warna merah, hitam, dan putih melambangkan Tridatu atau tiga Dewa, yakni Dewa Wisnu, Dewa Brahma, dan Dewa Siwa.

Kehidupan pemain di tengah area wisata juga menarik. Seperti turis, mereka menginap di hotel bintang tiga di Legian, Euphoria. Transportasi ke tempat latihan juga menggunakan kendaraan khas Kuta, Komotra. Bila ada waktu senggang, mereka bersepeda dan bermain di pantai.

DATA KLUB

Berdiri  : 1989 (Persisam-Putra Samarinda), 
           2014 Bali United Pusam
Julukan  : Pasukan Tridatu
Stadion  : Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
Kapasitas: 25.000
Suporter : Semeton Dewata
Sponsor  : Corsa
CEO      : Yabes Tanuri
Pelatih  : Indra Sjafri
Asisten  : Eko Purjianto
Plt Kiper: Djarot Supriadi
Plt Fisik: Nursaelan

PRESTASI

1998/99 Peringkat I Divisi Utama Wilayah Timur
        (Kompetisi dihentikan karena kerusuhan)
2007    Peringkat 3 Divisi Satu (promosi ke Divisi 

Utama)
2008/09 Juara Divisi Utama (promosi ke LSI)

SKUAT

Kiper:

Yoo Jae Hoon (Korsel), Endra Prasetya, Awan Setho Raharjo Belakang:
Wahyu Kristanto, Felicianus Junius R. Bate, Fadhil Sausu, I Nengah Sulendra, Ricky Fajrin Saputra, Ganjar Mukti Muhardiyana, Syaeful Anwar 1Bobby Satria, Ha Dae-won (Korsel) Tengah:
Bayu Gatra Sanggiawan, Sandi Darman Sute, Hendra Sandi Gunawan, Loudry Setiawan, Amadeus Suropati, Sultan Samma, Yabes Roni Malaifani, Sukron Makmun, Elvis Nelson Depan:

Lerby Eliandry, I Nyoman Sukarja, Sutanto Tan, Martinus Norvianto


Editor : Bolanews
Sumber : Harian BOLA (Yan Daulaka/Wiwig Prayugi)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X