RETRO: Pembenahan Barca Baru Sebatas Isu

By Caesar Sardi - Senin, 20 April 2015 | 15:47 WIB
Joan Laporta.
Bagu Blanco/Getty Images
Joan Laporta.

Pembenahan total tampak bakal dilakoni Barcelona menatap musim kompetisi mendatang. Aroma ke arah sana pun sudah ditiup presiden klub Joan Laporta. “Musim ini kami bermain api dan kami terbakar,” ujar Laporta pada ABC.

Untuk ukuran pria kalem, ucapan ini cukup keras dan mengandung arti dalam. “Kini tiba waktunya untuk menganalisis. Harus diakui bahwa kami semua telah melakukan beberapa kesalahan,” lanjut Laporta.

Yang dimaui Laporta adalah pembaharuan menyeluruh dalam tubuh tim demi mendapatkan profesionalisme, komitmen, dan hasrat optimal. “Saya melihat adanya kemelorotan komitmen karena para pemain jenuh,” katanya lagi.

Meski sedikit memaklumi dekadensi semangat akibat sukses beruntun dalam dua musim sebelumnya, Laporta tetap menggarisbawahi upaya penyegaran. Bisa dengan cara menukar pilar, bisa pula dengan membeli pemain anyar.

Yang jelas Laporta menegaskan bahwa duet Ronaldinho dan Samuel Eto’o serta pelatih Frank Rijkaard haram dilego. Kasusnya berbanding terbalik dengan Javier Saviola, Eidur Gudjohnsen, Edmilson, Silvinho, dan Ludovic Giuly.

Lantas siapa calon-calon pengganti kuartet di atas tadi? Kabar paling santer mengarah ke Thierry Henry (Arsenal), Cristian Chivu (AS Roma), Eric Abidal (Olympique Lyon), dan Yaya Toure (AS Monaco). Sebelum ada goresan tinta hitam di atas kertas putih, tentu ini baru sebatas isu.

Nah, kabar yang sudah pasti justru muncul dari kubu Real Madrid. Sesuai pernyataan presiden klub Ramon Calderon, El Real telah mengikat Christoph Metzelder dari Borussia Dortmund. “Kami telah mendekati sejumlah pemain. Metzelder sudah pasti, kini tinggal menunggu tiga lagi,” ucap Calderon. Siapa saja? Calderon pribadi mengharapkan Kaka. Maklum, sejak musim  lalu ia telah bernegosiasi dengan AC Milan, tapi terus gagal.

(Penulis: Sapto Haryo Rajasa)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.734, Jumat 22 Juni 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X