RETRO: Satu Lagi Pembalap Tewas di Luar Sirkuit

By Caesar Sardi - Selasa, 26 Mei 2015 | 15:22 WIB
Norifumi Abe saat merayakan kemenangan Motogp kelas 500cc di Sirkuit Suzuka pada tahun 1996.
Michael Cooper/Getty Images
Norifumi Abe saat merayakan kemenangan Motogp kelas 500cc di Sirkuit Suzuka pada tahun 1996.

Belum genap sebulan sejak dunia balap dunia kehilangan Colin McRae, yang tewas karena kecelakaan helikopter, dunia kembali diguncang kabar duka cita. Ahad pekan lalu, pembalap motor asal Jepang, Norifumi Abe, diberitakan tewas dalam kecelakaan jalan raya. Abe, salah satu pembalap motor terbaik yang pernah dimiliki Jepang, tewas saat sedang mengendarai sepeda motor.

Dari kabar yang dirilis crash.net, Abe disebutkan bertabrakan dengan sebuah truk di kota Kawasaki. Ia tidak bisa menghindari tabrakan setelah sebuah truk di depannya berbelok memutar secara ilegal.

Abe pertama dikenal dunia saat tampil sebagai wildcard di kelas 500cc pada GP Jepang 1995. Penampilannya yang unik, dengan rambut gondrong dan gaya balap yang agresif cenderung sembrono, langsung menarik perhatian publik balap. Ia juga sempat memimpin lomba di Sirkuit Suzuka itu.

Abe juga populer di komunitas balap motor Indonesia. Terhitung dua kali ia berkunjung ke Indonesia (di luar GP Indonesia 1996 dan 1997), sebagai tamu pada event Yamaha Cup Race. Ya, sejak awal kariernya hingga pensiun dari arena motogp pada musim 2004, ia memang selalu memakai motor Yamaha.

Pada kunjungan kedua pada akhir 2003, BOLA berkesempatan melakukan wawancara secara eksklusif dengannya. Saat itu, secara terus terang Abe membuka rahasia tentang siapa yang akan dikontrak Yamaha sebagai pembalap pada musim 2004 di arena motogp. Saat wawancara berlangsung, isu tersebut cukup sensitif karena Yamaha sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi. Semua yang diungkap Abe kepada BOLA memang menjadi kenyataan.

Selamat jalan, Norick!

(Penulis: Andi Yanianto)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : BOLA Edisi No. 1.766, Jumat 12 Oktober 2007


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X