Klub Prancis Ini Dibeli oleh Perusahaan Tiongkok

By Suryo Wahono - Selasa, 7 Juli 2015 | 04:15 WIB
FC Sochaux, klub Prancis pertama yang dipunyai investor dari Tiongkok.
AFP/Ilustrasi
FC Sochaux, klub Prancis pertama yang dipunyai investor dari Tiongkok.

JUARA.net Sebuah perusahaan produsen teknologi asal Tiongkok, Ledus, pada Senin (6/7/2015) waktu setempat resmi mengambil alih klub dari divisi kedua Prancis, FC Sochaux. Klub dibeli dari Peugeot, pabrik mobil yang merupakan peengelola klub sebelumnya.

"Ini adalah muara dari perjalanan (kesepakatan) yang dimulai hampir setahun yang lalu," kata presiden klub Denis Worbe.

Kesepakatan bisnis jual-beli itu dilaporkan senilai 7 juta euro, yang negosiasinya dimulai sejak Februari lalu oleh perusahaan komponen listrik asal Hong Kong tersebut.

Kendati telah menjadi pemilik baru, bos Ledus dalam sebuah konferensi pers mengatakan bahwa pihaknya tak akan mengubah apapun. Mereka tetap akan menjaga tradisi dan melanjutkan sejarah.

"Kami di sini untuk jangka panjang. Kami bukan pedagang! Kami tidak ingin memindah siapa pun dari jantung klub," kata Li Wing Sang, bos Ledus, seperti dikutip oleh AFP.

Wing Sang berharap klubnya bakal kembali ke Ligue 1 dalam waktu sesingkat mungkin. Untuk tujuan itu, dia telah menyiapkan anggaran lebih besar dari sebelumnya menyambut musim 2015-16.

Tujuan utama pengusaha Tiongkok itu, menurut pengakuannya, adalah membuat Sochaux menjadi merek internasional yang mampu menjangkau berbagai pasar di dunia.

Sochaux didirikan oleh Peugeot pada 1928 sebagai wadah bagi para pekerja. Stadion Auguste Bonal pun didirikan tepat di samping pabrik yang punya 10 ribu pekerja itu.

Peugeot belakangan lebih fokus balap dunia mobil dan tenis, sementara Sochaux, tim sepak bola profesional pertama di Prancis setelah 66 musim,  bukanlah prioritas utama mereka.


Editor : Suryo Wahono
Sumber : afp


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X