RETRO: Mengimbangi Dominasi Suporter Jakarta

By Caesar Sardi - Rabu, 12 Agustus 2015 | 14:37 WIB
Ilustrasi.
Dok. BOLA
Ilustrasi.

Lokasi pertandingan semifinal Liga Djarum 2007 yang digelar di Jakarta tak membuat kelompok suporter tiga tim pendatang ciut. Sebaliknya pendukung Persipura, Sriwijaya FC, dan PSMS berencana menyerbu Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, untuk mengimbangi dominasi suporter Persija, The Jakmania.

Menurut pengakuan Ketua The Jak, Danang Ismartani, setidaknya 32 ribu anggota resminya bakal hadir memberi dukungan pada Macan Kemayoran. Seperti halnya di 4 besar Copa Indonesia lalu jumlah tersebut bakal membengkak dua kali lipat dengan suntikan suporter simpatisan Persija.

“Ini yang perlu dicermati pihak keamanan karena yang hadir di GBK tak semua merupakan anggota resmi The Jak,” jabar Danang.

Angka sebanyak itu jelas tak sebanding dengan suporter Sriwijaya, yang menjadi lawan Persija di semifinal. Dua kantung suporter di Palembang, yakni Sriwijaya Mania dan Singamania, paling tidak berencana menggerakkan massa sekitar 1.000 orang.

“Seperti Copa lalu jumlahnya bisa menjadi tiga kali lipat jika ditambah orang-orang perantauan yang menetap di Jakarta,” ungkap Dedy Pranata, salah satu pentolan Singamania.

Komitmen untuk tetap menjaga hubungan baik dilontarkan ketiga kubu, walau tim kesayangan berseteru di lapangan. “Saat Copa lalu anggota Singamania menginap di sekretariat kami. Ada kemungkinan hal itu akan diulangi lagi di semifinal Liga Djarum,” jabar Danang.

Loyalitas Persipura Mania pada tim idolanya pun ditunjukkan dengan mempersiapkan tur ke Jakarta. Paling tidak ada 1.000 anggota Persipura Mania yang akan berangkat dari Papua menuju ibu kota dengan jalur udara maupun laut.

Sisanya berasal dari anggota-anggota lain yang berasal dari perantauan. “Masa jeda dua pekan membantu kami dalam hal penggalangan massa. Paling tidak satu atau dua hari rombongan dari Papua bisa bergabung dengan anggota-anggota kami yang menyebar di Jakarta, Yogyakarta, dan Malang,” jabar Muklis, salah satu pentolan Persipura Mania.

Kekhawatiran bakal terjadinya pergesekan dengan kelompok suporter PSMS, Kampak FC dan SMAKS, menyeruak. Keduanya berencana meluncur ke Senayan dengan jumlah massa tak kurang dari tiga ribu orang.

(Penulis: Ario Yosia)


Editor : Caesar Sardi
Sumber : Jumat 1 Pebruari 2008, BOLA Edisi No. 1.797


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X