PJBM, Membagi Pengalaman di Kota Gudeg

By Firzie A. Idris - Jumat, 21 Agustus 2015 | 15:30 WIB
Pelatihan Jurnalistik Bulu Tangkis Mahasiswa, melebarkan sayap ke Yogyakarta.
Annida Wulandari/PJBM 1
Pelatihan Jurnalistik Bulu Tangkis Mahasiswa, melebarkan sayap ke Yogyakarta.

Beruntunglah para mahasiswa penggemar bulu tangkis di Yogyakarta. Mereka bisa mencicipi enaknya menjadi seorang jurnalis dalam Pelatihan Jurnalistik Bulu Tangkis Mahasiswa (PJBM) yang berlangsung di Kota Gudeg, 20-23 Agustus.

Untuk kali pertama, kegiatan hasil kerja bareng antara Bakti Olah Raga Djarum Foundation dan Harian BOLA ini merambah Kota Yogyakarta. Maklum, sejak pertama kali diselenggarakan pada 2012 hingga tahun ini, PJBM selalu berlangsung di Jakarta.

Seratus mahasiswa se DI Yogyakarta dan sekitarnya mengikuti PJBM. Selama pelatihan, mereka dibekali dengan teori peliputan bulu tangkis di Hotel Royal Ambarukmo.

Setelah itu, mereka dibimbing para jurnalis Harian BOLA untuk melakukan praktek peliputan Djarum Sirkuit Nasional Yogyakarta Terbuka di GOR Amongrogo.

"Kami memang berusaha merangkul dan melebarkan sayap dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Yogyakarta untuk juga bisa mencicipi bagaimana enaknya menjadi seorang jurnalis bulu tangkis seperti rekannya di Jakarta," kata Adrian Hadinata, perwakilan dari Bakti Olah Raga Djarum Foundation di Kasultanan Room, Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Kamis (20/8).

Selama tiga hari PJBM, peserta dibekali dengan teknik-teknik peliputan. Mulai dari kiat wawancara, mencatat hasil pertandingan, pencarian data, hingga membuat laporan.

Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan ketrampilan teknik memotret.

Menurut Sekum Pengprov PBSI DI Yogyakarta, Sukiman, hadirnya PJBM di Yogyakarta layak disambut gembira.

"Ini kesempatan langka buat mahasiswa Yogyakarta untuk bisa menimba ilmu dari para pakar jurnalistik spesialis bulu tangkis. Makanya, saya menyambut hangat kegiatan ini dan semoga bisa lebih menggaungkan bulu tangkis di kalangan mahasiswa," ujar Sukiman, yang juga Ketua Panpel Djarum Sirnas Yogyakarta.

Sementara menurut sesepuh Pengprov PBSI DI Yogyakarta, Irjen Pol (Purn) Haka Astana, kegiatan pelatihan jurnalistik ini sangat positif bagi mahasiswa.


Editor :
Sumber : Harian BOLA 21 Agustus 2015


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X