PSM Siapkan Taktik Khusus Hadapi Mitra Kukar

By Ary Wibowo - Rabu, 16 September 2015 | 19:15 WIB
Gelandang PSM, Syamsul Chaeruddin, beraksi saat bertemu Pusamania Borneo FC pada laga terakhir Grup D Piala Kemerdekaan.
Abdi Satria/BOLA/JUARA.net
Gelandang PSM, Syamsul Chaeruddin, beraksi saat bertemu Pusamania Borneo FC pada laga terakhir Grup D Piala Kemerdekaan.

Pelatih PSM Makassar, Assegaf Razak, menyatakan bakal mencoba formasi baru menjelang laga perempat final Piala Presiden 2015 melawan Mitra Kukar, di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Sabtu (19/9/2015).

Pada tiga laga penyisihan Grup D, Assegaf kerap memainkan formasi 4-3-3. Dari taktik tersebut, PSM meraih dua kemenangan dan satu kali imbang. Kali ini, Assegaf mengaku akan mencoba formasi 4-5-1 saat bertandang ke markas Mitra Kukar.

"Saya sengaja memakai lima gelandang bertipe pekerja agar keseimbangan tim terjaga baik saat bertahan atau melakukan serangan balik," ungkap Assegaf kepada Juara.net seusai memimpin gim internal PSM di Lapangan Karebosi, Rabu (16/9).

Assegaf mengakui bahwa perubahan taktik tersebut bakal "memakan korban" pemain yang kerap menjadi starter. Beberapa pemain yang sebelumnya selalu menjadi andalan di lini tengah PSM, antara lain Satrio Syam (bek kiri), Ahmad Maulana (stopper), Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (striker) dan Rahmat Syamsuddin (sayap kiri).

"Saya tegaskan, perubahan ini bagian dari strategi. Kami bisa saja mengubah pola ini saat pertandingan. Kami lihat saja nanti perkembangan," papar Assegaf.

Dikonfirmasi terpisah, Ferdinand Sinaga, mengaku tidak akan mempermasalahkan keputusan pelatih yang memainkannya sebagai striker tunggal di Tenggarong nanti.

"Pelatih yang lebih tahu kebutuhan dan strategi tim. Sebagai striker, saya ingin fokus saja untuk menjaga kondisi agar bisa tampil optimal pada pertandingan nanti," jelas pemain pinjaman dari Sriwijaya ini.

Meski timnya mematok target imbang, Ferdinand berharap timnya bisa meraih kemenangan. Ia pun mengaku mempunyai ambisi pribadi pada pertandingan tersebut.

"Saya punya kenangan manis di Aji Imbut pada ISL 2014. Saat itu, saya mencetak satu dari tiga gol Persib ke gawang Mitra. Dan skor akhirnya 3-2 buat Persib," jelas pemain terbaik ISL 2014 ini.

Prakiraan formasi 4-5-1 PSM
Kiper: Dimas Galih Pratama
Belakang; Iqbal Samad, Hendra Wijaya, Agung Prasetyo, Aditya Putra Dewa
Tengah:Kurniawan Karman,Syamsul Cheruddin, Ardan Aras, Tamsil Sijaya, Rasyid Bakri
Depan: Ferdinand Sinaga


Editor : Abdi Satria
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X