Yabes Roni, Pahlawan dari NTT

By Kompasiana - Minggu, 27 September 2015 | 21:25 WIB

Yabes Roni Malaifani adalah orang yang menuntun saya membuka peta dan menelusuri Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Alor, dan Desa Moru. Tak mungkin saya telusuri peta di mana Alor, di mana Moru, dari peta wilayah Indonesia.

Penulis: Zen Muttaqin

Buta dengan keadaan dan tak mau mengenal wilayah tentu adalah kerugian besar bagi masyarakat kita. Apalagi, kebanyakan dari kita tak ingin mengenal daerah-daerah terpencil yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Adat istiadat serta cara hidup mereka jadi terasing karena jarang ada interaksi sosial-ekonomi pihak luar. NKRI hanyalah khayalan yang tak pernah terjangkau fisik maupun pikiran.

Itulah kenapa seorang Yabes Roni menjadi pahlawan daerahnya. Nusa Tenggara Timur sendiri memiliki kawasan sangat luas yang terdiri banyak sekali pulau. Kabupaten Alor memiliki 20 pulau, 9 di antaranya telah dihuni oleh 190.026 jiwa (sensus 2010) dengan geografi yang bergunung-gunung.

Kombinasi gunung dan pantai tersebut menjadi potensi bagi pariwisata yang hingga kini belum pernah terjamah.

Yabes Roni dilahirkan di salah satu desa di Kabupaten Alor, yaitu di Moru, Kecamatan Alor Barat Daya, pada 6 Februari 1995. Ia kini genap berusia 20 tahun dan sejak kecil memang Yabes sudah sangat mencintai bola dan sepak bola, sehingga setiap hari selalu memainkan bola walau hanya dipantulkan di dinding rumahnya.

Perjuangan menekuni sepakbola tidaklah semudah teman-teman sebayanya di daerah lain di indonesia, apalagi di Jawa yang sudah banyak memiliki SSB di setiap daerahnya. Ia mesti menjalani latihan dengan menempuh perjalanan yang jauh dari rumahnya. Dibutuhkan waktu satu jam naik angkot ke tempat latihan.

Kemampuan mengolah bola Yabes benar-benar tumbuh dari bakat alamnya. Ia hampir tidak mungkin memperoleh ilmu dari berlatih sendiri sebesar apapun talenta yang dimiliki.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Kompasiana


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X