Pedrosa: Yamaha Lebih Cepat, tetapi...

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 11 Oktober 2015 | 16:59 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa (kanan), memacu motornya di depan Valentino Rossi (Italia), pada balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10/2015).
AFP PHOTO/KAZUHIRO NOGI
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa (kanan), memacu motornya di depan Valentino Rossi (Italia), pada balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10/2015).

Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, membuat kejutan dengan finis di urutan pertama pada balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10/2015). Balapan berlangsung di lintasan yang basah karena terguyur hujan pada pagi hari.

Start dari posisi keenam, Pedrosa naik ke urutan keempat pada lap pertama. Dia membalap dengan sabar hingga pada enam putaran sebelum finis berhasil melewati Jorge Lorenzo yang tengah memimpin. Pedrosa bertahan di depan hingga finis.

"Saya memutuskan untuk turun dengan ban belakang soft configuration, tetapi ketika melakukan sighting lap (putaran dari pit menuju grid) saya tidak terlalu merasa nyaman. Saya sempat berpikir untuk menggantinya dengan ban hard," kata Pedrosa.

"Saya memulai balapan dan menjaga performa ban pada awal karena saya tahu akan sangat dibutuhkan pada saat-saat akhir balapan. Banyak tikungan yang harus dilewati dengan gigi satu dan dua di sini, dan kamu harus melakukan akselerasi dengan keras," ujar Pedrosa melanjutkan.

Pebalap yang genap berusia 30 tahun pada 29 September lalu tersebut tidak bisa membalap dengan cepat pada awal balapan. Ketika putarannya tidak terlalu bagus, Valentino Rossi dan Lorenzo sudah melesat jauh di depan.

Namun, duo Yamaha itu mulai menghadapi masalah dengan ban depan. Kecepatan mereka semakin berkurang. Setelah melewati Andrea Dovizioso (Ducati), Pedrosa pun berhasil mendekat dan akhirnya melewati keduanya.

"Ketika saya melewati dia (Dovizioso), saya berpikir finis podium akan bagus. Saya pikir, sulit untuk melewati Jorge karena di banyak tempat saya tidak bisa melihat dia (karena terlalu jauh). Namun, putaran demi putaran saya mulai mendekat dan saya mempertahankan kecepatan saya," tutur Pedrosa.

Pebalap Spanyol ini sebenarnya sudah menunjukkan ancaman ketika menjadi yang tercepat pada sesi pemanasan, Minggu pagi. Sesi tersebut berlangsung di lintasan basah.

"Di lintasan kering, Yamaha lebih cepat dibanding kami. Namun hari ini, kami mendapat kesempatan kerana hujan dan kami memanfaatkannya, dan akhirnya saya bisa mempersembahkan kemenangan ini untuk Honda di kandangnya," ucap Pedrosa.

Bagi Pedrosa, ini merupakan kemenangan perdananya musim ini, dan yang ke-50 sepanjang turun grand prix.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Crash


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X