Sejarah Baru, Klub Malaysia Juara Piala AFC

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 1 November 2015 | 07:35 WIB
Johor Darul Takzim (JDT) menjadi klub Malaysia pertama yang menjuarai Piala AFC. Pada laga final, Sabtu (31/10/2015), JDT taklukkan Istiqlol (Tajikistan) dengan skor 1-0.
Dok. AFC
Johor Darul Takzim (JDT) menjadi klub Malaysia pertama yang menjuarai Piala AFC. Pada laga final, Sabtu (31/10/2015), JDT taklukkan Istiqlol (Tajikistan) dengan skor 1-0.

Sepak bola Malaysia telah mencatatkan sejarah. Johor Darul Takzim (JDT) menjadi klub Malaysia pertama yang berhasil menjadi juara pada ajang Piala AFC.

Pada laga final yang digelar di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Sabtu (31/10/2015), JDT yang diperkuat oleh eks bomber Pelita Jaya Purwakarta, Safee Sali, mampu mengalahkan klub tuan rumah, Istiqlol, dengan kedudukan 1-0.

Gol semata wayang JDT diciptakan oleh penyerang asal Argentina, Leandro Velazquez, pada menit ke-23. Velazquez menggetarkan jala gawang Istiqlol dengan cara melepaskan tendangan menyusur tanah.

Tertinggal 1-0, Istiqlol berupaya untuk meningkatkan serangan. Mereka terus melakukan tekanan ke wilayah pertahanan JDT. Namun, hingga wasit Minoru Tojo meniup peluit panjang, keadaan tidak berubah. JDT pun keluar sebagai juara Piala AFC  2015.

Baik Istiqlol dan JDT sebenarnya merupakan finalis yang beruntung. Pasalnya, pada babak semifinal, mereka telah mengalami kekalahan dari dua klub asal Kuwait. Istiqlol mengalami kekalahan 0-4 dari Kuwait Sporting Club. Adapun JDT ditaklukkan 1-3 oleh Qadsia SC.

Namun, karena Asosiasi Sepak Bola Kuwait dijatuhi sanksi oleh FIFA pada 16 Oktober 2015, kedua tim asal Kuwait tersebut didiskualifikasi dari turnamen. Alhasil, Istiqlol dan JDT dinyatakan lolos otomatis ke babak final.


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : The Star


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X