Catatan Sejarah Sepakbola: 3 November

By Riemantono Harsojo - Selasa, 3 November 2015 | 13:27 WIB

Berikut ini adalah beberapa momen menarik di dunia sepak bola yang terjadi pada tanggal 3 November beberapa tahun yang lalu.

 

2012
Rekor kemenangan beruntun Juventus di Serie A terhenti di angka 49 setelah I Bianconeri dikalahkan seteru abadi mereka, Internazionale, dengan skor 1-3 di Juventus Stadium pada Minggu, 3 November 2012.

Pada laga itu, Juventus hanya membutuhkan waktu 19 detik untuk mencetak gol lewat Arturo Vidal. Namun cerita berubah di babak kedua. Diego Milito berhasil menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti di menit 58. Sekitar 15 menit kemudian, striker asal Argentina itu kembali merobek jala gawang tim tuan rumah. Satu menit sebelum pertandingan berakir, Rodrigo Palacio berhasil mencetak gol sekaligus mengamankan tiga angka dari Si Nyonya Tua.

Kendati Inter berhasil menghentikan langkah sempurna Juventus, di akhir musim La Beneamata harus puas berada di peringkat 9 klasemen akhir Serie A 2012/13, sedangkan Juve sukses meraih Scudetto.

2007
Emirates Stadium sukses mencatat jumlah penonton terbanyak sejak menjadi kandang Arsenal pada Juli 2006. Pencapaian itu tercipta ketika The Gunners menjamu Manchester United dalam pekan ke 11 Premier League, 3 November 2007.

Sejatinya, kapasitas stadion kebanggaan Arsenal itu berjumlah 61.260 orang. Pada laga yang berakhir dengan skor 2-2 itu, Emirates Stadium menampung 61.161 penonton alias hanya menyisakan 99 bangku kosong.

Rata-rata jumlah penonton yang datang ke Emirates ketika Arsenal berlaga di Premier League adalah sebanyak 60.045 orang. Selama Sembilan tahun berdiri, Emirates juga sering dipakai sebagai tempat konser musik. Untuk keperluan tersebut, stadion ini menambah kapasitasnya hingga 72 ribu orang.

2001
Tony Ford berhasil memasukkan namanya ke dalam buku sejarah sepak bola sebagai pemain non-kiper dengan jumlah penampilan terbanyak di kompetisi sepak bola Inggris dengan bermain sebanyak 931 kali. Rekor itu tercipta ketika timnya, Rochdale, mengalahkan Torquay United dengan skor 2-0 dalam kompetisi League Division 3 pada 3 November 2001.

Tony Ford memulai kariernya pada tahun 1975 dalam usianya 16 tahun bersama tim yang berlaga di divisi tiga, Grimsby Town. Ia bermain di sana sampai tahun 1986. Sebelum kembali ke Grimsby Town pada tahun 1991, Ford sempat bermain untuk tiga tim berbeda yaitu West Bromwich Albion, Stoke City, dan Sunderland sebagai pemain pinjaman.

Pria bernama lengkap Anthony Ford ini pensiun di Rochdale pada tahun 2001. Bila tidak memperhatikan posisi, rekor 931 penampilannya masih kalah dari catatan 1005 kali tampil milik salah satu kiper legendaris Inggris, Peter Shilton.

Penulis: Anugrah Pradana


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X