Kompetisi IBL 2015-2016 Bergulir 9 Januari 2016

By Tulus Muliawan - Kamis, 19 November 2015 | 20:49 WIB
Komisioner IBL, Hasan Gozali, dalam peluncuran IBL 2015-2016 di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (19/11/2015).
FERNANDO RANDY/BOLA
Komisioner IBL, Hasan Gozali, dalam peluncuran IBL 2015-2016 di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Kompetisi bola basket tertinggi di Tanah Air untuk musim 2015-2016 akan mulai bergulir 9 Januari hingga Mei 2016. Sebanyak 12 tim akan ikut serta di dalamnya.

Berbeda dari lima edisi sebelumnya, kompetisi basket musim depan kembali menggunakan nama lama, Indonesian Basketball League  (IBL), menggantikan National Basketball League (NBL).

Selain berganti nama, IBL juga berganti format dan operator. Starting5 dipilih menjadi operator kompetisi menggantikan PT DBL (Deteksi Basket Lintas) yang kontraknya habis pada akhir musim 2014-15.

Starting5 akan menjadi operator IBL hingga lima musim ke depan. Musim depan, IBL hanya digelar di enam kota besar di Pulau Jawa, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Jumlah pertandingan musim depan juga akan lebih sedikit. Setiap klub bertemu dua kali sehingga masing-masing bertanding 33 kali pada musim reguler. Enam tim teratas pada musim reguler bakal lolos ke babak play-off.

Dua tim yang finis di posisi satu dan dua pada musim reguler bakal mendapat bye di babak pertama play-off. Format play-off menggunakan best of three.

"Saya telah menyusun program future development, seperti rookie draft yang bekerja sama dengan Liga Mahasiswa (LIMA), salary cap, dan penggunaan pemain asing, supaya liga IBL semakin kompetitif," ujar Komisioner IBL, Hasan Gozali.

Berikut 12 tim peserta IBL 2015-16:

NHS Jakarta, Satria Muda Britama Jakarta, Stadium Happy 8 Jakarta, M88 Aspac Jakarta, Pelita Jaya Energi Mega Jakarta, CLS Knights Surabaya, Garuda Bandung, Hangtuah Sumsel, Bandung Utama, Pasific Caesar Surabaya, Bima Sakti Nikko Steel Malang, Satya Wacana Salatiga.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : juara.net


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X