Hitung Peluang, Hanya City yang Bisa Lolos Pekan Ini

By Rizki Indra Sofa - Selasa, 3 November 2015 | 12:57 WIB
Raheem Sterling saat membela Manchester City melawan Manchester United
Matthew Ashton - Getty Images
Raheem Sterling saat membela Manchester City melawan Manchester United

Sampai menyelesaikan matchday ketiga fase grup Liga Champions 2015-16, tidak ada satu pun representasi Premier League Inggris yang memuncaki klasemen sementara di grup masing-masing.

Manchester City menjadi wakil terbaik Inggris. The Citizens berada di peringkat dua Grup D dengan torehan enam poin, di bawah Juventus (7). Manchester United juga di posisi kedua, tapi cuma mengemas empat angka.

Koleksi poin Chelsea sama dengan United, tapi The Blues terjebak di posisi ketiga Grup G. Arsenal paling gawat. Mereka di peringkat ketiga Grup F dengan modal tiga poin, yang diraih secara spektakuler dengan kemenangan 2-0 atas Bayern Muenchen pada matchday ketiga.

Matchday keempat fase grup LC 2015-16 akan vital bagi keempat perwakilan EPL itu. Kesempatan mereka menjaga peluang kelolosan ke fase gugur, memastikan tempat di babak 16 besar, atau kans buat mengambil alih posisi puncak bisa dilakukan di pertandingan matchday keempat nanti.

Chelsea dan Arsenal masuk kategori pertama. Mereka bakal melanjutkan perjuangan menjaga peluang lolos ke babak 16 besar melawan Dynamo Kyiv dan Bayern Muenchen.

Andai Chelsea maupun Arsenal sanggup meraih kemenangan atas lawan masing-masing pun, ekstra tiga angka tersebut belum cukup buat mengubah urutan di grup supaya mengamankan posisi mereka di dua teratas. Dua klub asal Kota London itu masih harus menunggu matchday kelima atau malah sampai di laga pamungkas grup.

City masuk kategori kedua. The Citizens bisa menjamin kelolosan saat bertandang ke Ramon Sanchez Pizjuan, markas Sevilla. Syaratnya, City harus menang dan partai lain, Gladbach kontra Juventus, berakhir imbang.

City juga masih bisa lolos apabila mereka menang dan Juventus ikut menang. Dengan dua skenario itu, perolehan poin anak asuh Manuel Pellegrini tersebut dijamin tak mungkin lagi tergusur dari posisi dua besar klasemen Grup D.

Satu hal yang harus diyakini Pellegrini, mereka dipastikan tidak akan mudah membawa pulang tiga angka. Pelatih Sevilla, Unai Emery, menggaransi perlawanan keras.

"Pada laga berikutnya, kami bermain di kandang. Biasanya, anak asuh saya tampil di level tertinggi. Kami juga memiliki dukungan fan, jadi saya tak akan menyerah dalam perebutan posisi dua besar dulu," ungkap Emery di situs resmi UEFA.

Bagaimana dengan United di Grup B? Status anak asuh Louis van Gaal tidak berbeda dari Chelsea dan Arsenal. Kemenangan atas CSKA Moskva di Old Trafford belum bisa menjamin posisi dua besar buat mereka.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : UEFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X