Catatan Laga Sepakbola Indonesia 18 November: Salah Satu Kemenangan Sinyo Aliandoe

By Riemantono Harsojo - Rabu, 18 November 2015 | 15:13 WIB
Ilustrasi: M. Nasir

Pada 18 November 2015 sepakbola Indonesia berduka. Mantan pelatih timnas, Sinyo Aliandoe, meninggal dunia dalam usia 75 tahun. Untuk mengenang jasa Sinyo Aliandoe, mari mengenang salah satu kemenangan timnas saat diasuh Sinyo Aliandoe yang terjadi tepat pada tanggal 18 November.

18 November 1976

Tim nasional Indonesia mengalahkan klub Swedia, Esbjerg, dengan skor 2-0. Pertandingan yang dimainkan pada Kamis 18 November 1976 itu dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Timnas sedang dipersiapkan untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 1978 pada Februari 1977 di Singapura. Timnas saat itu dilatih oleh Toni Poganik dengan dibantu Sinyo Aliandoe.

Beberapa hari sebelum laga melawan Esbjerg ini, timnas menang 4-1 dan imbang 2-2 dengan lawan sama, klub Norwegia, Kristiansand.

Pada laga melawan Esbjerg, gol pertama timnas dicetak pada menit ke-53 melalui tendangan keras gelandang Junaedi Abdillah setelah memanfaatkan umpan sundulan Andjas Asmara dari sebuah sepak pojok.

Satu menit kemudian timnas mencetak gol lagi melalui Waskito. Kecepatan Waskito berhasil membuat penyerang sayap itu menyambar bola yang hampir ditangkap kiper Ole Kjaer dalam sebuah kemelut di muka gawang.

Yang menarik, saat itu kiper Esbjerg, Ole Kjaer, merupakan anggota timnas Denmark. Sejak tahun 1978 hingga 1984 Ole Kjaer menjadi kiper nomor satu timnas Denmark, tetapi ia gagal menjadi pilihan pertama di Piala Eropa 1984 setelah Denmark kalah 0-6 dari Belanda menjelang kejuaraan di Prancis.

Berikut susunan pemain timnas: Ronny Pasla; Risnandar (Wahyu Hidayat), Johannes Auri, Suaeb Rizal, Oyong Liza, Junaedi Abdillah, Ronny Pattinarasani, Andjas Asmara, Iswadi Idris, Risdianto, Hadi Ismanto (Waskito). Pelatih: Toni Poganik dan Sinyo Aliandoe.


Editor : Riemantono Harsojo
Sumber : arsip kompas


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X