Satu Gol Pemain AS Roma Ini Berharga 73 Miliar Rupiah

By Beri Bagja - Jumat, 11 Desember 2015 | 21:14 WIB
Aksi Juan Iturbe dalam duel AS Roma melawan Atalanta di Olimpico, 29 November 2015.
Paolo Bruno/Getty Images
Aksi Juan Iturbe dalam duel AS Roma melawan Atalanta di Olimpico, 29 November 2015.

 AS Roma sedang kesulitan mencetak gol. Problem ini bukan hanya memojokkan barisan striker Tim Serigala, tapi juga menjalar ke ranah mercato alias bursa transfer.

Dalam tiga partai terakhir di berbagai ajang, Roma cuma bikin satu gol. Torehan tunggal itu muncul ketika klub ditahan Torino 1-1. Gol berasal dari eksekusi tendangan bebas Miralem Pjanic. Lantas, ke mana para penyerang mereka?

Terlepas dari problem cedera yang sempat menghinggapi beberapa pemain ofensif, lini depan Roma memang sedang melakoni masa-masa sulit. Bomber jangkung Edin Dzeko menyita sorotan terbanyak. Jangankan mencetak dua digit gol, pria Bosnia itu baru menjebol gawang musuh tiga kali dalam 13 penampilan di liga. Dua gol di antaranya pun terlahir dari titik putih.

"Jika kami tak mencetak gol, saya yang salah. Seharusnya, saya melakukan yang lebih baik dalam beberapa kesempatan. Namun, ada hal positif yang dapat saya bawa kepada tim ini. Gol akan datang," ucap Dzeko dalam jumpa pers menjelang duel Liga Champions kontra BATE Borisov (9/12/2015).


Ekspresi penyesalan Edin Dzeko dalam duel AS Roma kontra Atalanta di Olimpico, 29 November 2015.(Paolo Bruno/Getty Images)

Setelah momennya tiba, Dzeko dan rekan setimnya toh tetap gagal menjebol gawang BATE meski memiliki total 24 peluang via tembakan sepanjang laga! Skor akhir 0-0.

Selain Dzeko, Juan Iturbe juga rutin berada di bawah mikroskop media. Gerak-geriknya tak lepas dari pengamatan. Kontribusi Iturbe dinilai belum kunjung mencerminkan harga mahal yang dikeluarkan Roma buat merekrutnya.

Penyerang sayap asal Argentina itu diboyong dari Verona seharga total 23,6 juta euro pada Juli 2014. Jumlah tersebut menjadikannya pembelian termahal di Serie A 2014-2015. Bagaimana hasilnya?

Selama 16 bulan, Iturbe cuma mencetak lima gol di berbagai ajang, tampil 54 kali, dan berkeringat selama 2.462 menit. Jika dihitung dan dirata-rata, pemuda berusia 22 tahun itu mencetak satu gol tiap 492,2 menit atau nyaris per enam partai.

Kalau dibandingkan dengan biaya transfer, Roma bisa diibaratkan mengeluarkan duit 4,72 juta euro atau setara 73 miliar rupiah cuma untuk mendapatkan satu gol dari Iturbe!

Pengeluaran itu jelas berarti kerugian besar mengingat Fiorentina cuma membayar 5 juta euro - lebih mahal sedikit dari harga satu gol Iturbe - buat merekrut Nikola Kalinic musim panas lalu. Hasilnya, Kalinic sudah mencetak sembilan gol dalam waktu kurang dari empat bulan saja.


Editor :
Sumber : Transfermarkt, La Gazzetta dello Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X