China Yakin Amankan Medali Emas Tunggal Putra Olimpiade

By Tulus Muliawan - Minggu, 20 Desember 2015 | 07:30 WIB
Pebulu tangkis China, Lin Dan, tampil di Kejuaraan Dunia 2015 yang berlangsung di Jakarta, 14 Agustus 2015.
FERNANDO RANDY/BOLA
Pebulu tangkis China, Lin Dan, tampil di Kejuaraan Dunia 2015 yang berlangsung di Jakarta, 14 Agustus 2015.

Beberapa bulan menjelang Olimpiade Rio de Janiero 2016, optimisme ditunjukkan tim bulu tangkis China. Mereka merasa yakin bisa mempertahankan tradisi emas dari tunggal putra.

Optimisme itu disampaikan pelatih China, Li Yongbo, baru-baru ini. Pria berumur 53 tahun itu menilai kehadiran Lin Dan dan Chen Long di Olimpiade akan menjadi jaminan bagi China untuk meraih medali emas.

"Lin Dan adalah pemain dengan 19 gelar juara yang terdiri dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Thomas, Piala Sudirman, Superseries dan yang lainnya. Dia mampu memberikan gelar di momen kritis," kata Li.

"Saya harap dia bisa membantu China di Piala Thomas 2016 dan berjuang mempertahankan medali emas Olimpiade bersama teman sesama tunggal putra China, Chen Long," ucap eks pemain andalan China itu.

Sepanjang sejarah bulu tangkis di Olimpiade, Lin Dan sukses mempersembahkan dua medali emas untuk China pada 2008 dan 2012. Indonesia juga meraih dua emas dari Alan Budikusuma (1992) dan Taufik Hidayat (2004).

Satu keping medali emas lainnya didapat tunggal putra Denmark, Poul Erik Hoyer Larsen, di Olimpaide Atalanta pada 1996. Larsen kini dipercaya menjabat sebagai Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : xinhua


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X