Messi, Neymar, dan Hazard Puncaki Daftar Pesepak Bola Termahal Dunia

By Septian Tambunan - Selasa, 5 Januari 2016 | 19:50 WIB
Megabintang Barcelona, Lionel Messi, beraksi dalam pertandingan grup E Liga Champions kontra AS Roma di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 24 November 2015.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Megabintang Barcelona, Lionel Messi, beraksi dalam pertandingan grup E Liga Champions kontra AS Roma di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 24 November 2015.

CIES Football Observatory baru saja melansir data mengenai 100 pesepak bola dengan nilai termahal dalam bursa transfer Januari 2016. Lionel  Messi (28), Neymar (23), dan Eden Hazard (24) menjadi tiga nama teratas dalam daftar tersebut.

Hasil penelitian yang dilansir dalam laman ESPN pada Senin (4/1/2016) itu mengungkapkan bahwa nilai jual Messi mencapai angka 250,7 juta euro atau setara dengan Rp 3,75 triliun.

Rekan satu tim Messi di Barcelona, Neymar, berada di peringkat ke-2 dengan banderol 152,7 juta euro (2,28 triliun rupiah).

Harga pasar kapten tim nasional Brasil itu mengalami kenaikan setelah pada bulan Juni, banderolnya "hanya" sebesar 94 juta euro.

Gelandang serang Chelsea, Hazard, menempati posisi ketiga dengan mahar 130,5 juta euro (1,9 triliun rupiah).

Pemain asal Belgia mengungguli ikon Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang duduk di posisi 4 dengan harga 114 juta euro (1,7 triliun rupiah).

Nilai Hazard menjulang setelah dia meraih penghargaan pemain terbaik Premier League seusai membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris pada musim 2014-2015.

Meskipun CR7 berhasil mengoleksi 54 gol dari semua kompetisi yang diikuti El Real pada 2015, CIES menilai usia Ronaldo genap 31 tahun pada Februari mendatang, menjadi penyebab menurunnya nilai jual kapten Portugal itu.

Proses penghitungan CIES menggunakan algoritma eksklusif yang berdasarkan atas kinerja dan karakteristik pribadi dari pemain (umur, posisi, durasi kontrak, dll), tingkat kompetisi, serta pencapaian dari klub dan tim nasional sang pemain.



Editor : Firzie A. Idris
Sumber : ESPN, CIES Football Observatory


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X