Cech Pakai Tiga Bahasa Saat Berkomunikasi dengan Barisan Belakang Arsenal

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 1 Januari 2016 | 22:22 WIB
Kiper Arsenal, Petr Cech, beraksi dalam pertandingan Premier League kontra West Bromwich Albion di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, 21 November 2015.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Kiper Arsenal, Petr Cech, beraksi dalam pertandingan Premier League kontra West Bromwich Albion di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, 21 November 2015.

Petr Cech punya trik unik dalam menjaga kekokohan lini belakang Arsenal. Kiper asal Rep Ceko itu selalu memberikan instruksi dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis.  

Cech baru saja memecahkan rekor sebagai kiper tersering yang mencatat clean sheet sepanjang sejarah Premier League saat Arsenal menang 2-0 atas Bournemouth, Senin (28/12/2015).

Sejak berkarier di Premier League pada 2004, Cech tidak kebobolan dalam 170 laga. Dia memecahkan rekor sebelumnya milik eks kiper Liverpool dan Portsmouth, David James (169).

Baca juga:

Menurut Cech, keberhasilannya mencatat rekor tak lepas dari kekokohan lini belakang The Gunners. Dia pun punya kiat khusus untuk mengoordinasi lini belakang timnya.

“Saya berbicara dengan bahasa Spanyol kepada dua bek sayap (Hector Bellerin, Nacho Monreal) dan pakai bahasa Perancis kepada (Laurent) Koscielny. Sedangkan ke Per (Mertesacker), saya pakai bahasa Inggris seperti halnya dia kepada saya,” ujar Cech.

“Kadang, pemain asing tak mengerti apa yang Anda katakan. Tentu akan lebih mudah berkomunikasi dengan mereka memakai bahasa ibunya. Itulah yang terjadi,” tuturnya lagi.

Arsenal memang tim yang punya skuad multilingual. Dari 24 pemain terdaftar di tim utama, 18 di antaranya merupakan pemain non-Inggris.

[video]http://video.kompas.com/e/4678061611001_ackom_pballball[/video]


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Daily Mail


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X