Turnamen Sepak Bola Tertua di Dunia

By Sabtu, 9 Januari 2016 | 15:46 WIB
Manajer tim sepak bola Eastleigh FC tengah memegang trofi FA Cup
MIKE HEWITT/GETTY IMAGES
Manajer tim sepak bola Eastleigh FC tengah memegang trofi FA Cup

Sebagian besar orang barangkali menganggap Piala FA sebagai turnamen sepak bola tertua di dunia. Namun, turnamen antarklub seantero Inggris itu sesungguhnya masih kalah retro dibanding Piala Youdan.

Trofi dari turnamen tersebut sudah mendapatkan pengakuan resmi dari Guiness World Records sebagai yang tertua di dunia. Berikut adalah serba-serbi mengenai Piala Youdan.

1867

Piala Youdan diselenggarakan pada 16 Februari hingga 9 Maret 1867, lebih tua empat tahun dari Piala FA (1871). Penggagas sekaligus penyandang nama turnamen ini ialah Thomas Youdan, seorang pemilik gedung teater di kawasan Sheffield dan pencinta sepak bola.

12

Terdapat 12 klub yang berpartisipasi dalam Piala Youdan, yakni Broomhall, Fir Vale, Garrick, Heeley, Mackenzie, Mechanics, Milton, Norfolk, Norton, Pitsmoor and Wellington, dan Hallam FC. Klub yang disebut terakhir sukses merengkuh trofi juara usai menekuk Norfolk dengan skor 2-0.

1

Di antara ke-12 partisipan Piala Youdan, hanya Hallam FC yang masih eksis hingga saat ini. Klub asal Sheffield tersebut kini berada di Divisi I Northern Counties East Football League alias kompetisi kasta ke-10 dalam piramida sepak bola Inggris.

2

Desain trofi turnamen ini berasal dari pemenang sayembara berhadiah uang sebesar 2 pound yang dikeluarkan oleh Youdan. Hanya, proses pembuatan trofi tidak rampung tepat waktu sehingga urung diberikan kepada Hallam FC usai memastikan gelar juara.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA no. 2.648


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X