Inilah Patung Para Legenda Sepak Bola

By Senin, 25 Januari 2016 | 12:14 WIB
Patung kapten Inggris saat menjadi kampiun Piala Dunia 1966, Sir Bobby Moore, tampak dalam balutan cahaya menjelang partai kualifikasi Grup E antara Inggris dan Estonia di Stadion Wembley, London, 9 Oktober 2015.
BRYN LENNON/GETTY IMAGES
Patung kapten Inggris saat menjadi kampiun Piala Dunia 1966, Sir Bobby Moore, tampak dalam balutan cahaya menjelang partai kualifikasi Grup E antara Inggris dan Estonia di Stadion Wembley, London, 9 Oktober 2015.

Banyak cara untuk mengabadikan para pesepak bola hebat. Salah satunya adalah dengan menciptakan patung berukuran raksasa agar publik bisa mengingat sosok bintang lapangan hijau pada masa kejayaannya.

Berikut adalah sederet patung yang dibuat khusus untuk menghormati para pesepak bola legendaris.


Patung Bobby Moore di stadion Wembley.(MIKE HEWITT/GETTY IMAGES)

Bobby Moore - Stadion Wembley, London

Terbuat dari tembaga dengan berat sekitar dua ton, patung ini didedikasikan untuk kepemimpinan Bobby Moore, yang sukses membawa tim nasional Inggris meraih gelar juara dunia 1966. Patung ini diresmikan pada 2007 atau 14 tahun setelah Moore meninggal dunia karena kanker.

Di bagian bawah patung terdapat ukiran gambar anggota skuat Inggris di Piala Dunia 1966 serta kutipan dari Jeff Powell, yang notabene jurnalis dan sahabat Moore. Patung ini diletakkan di gerbang utara dan terkesan menatap penonton yang akan memasuki stadion.


Patung Champions yang mengabadikan momen Inggris saat menjadi juara Piala Dunia 1966 ditampilkan di Upton Park, London.(CHRISTOPHER LEE/GETTY IMAGES)

The Champions - Newham, London

Seperti halnya patung Bobby Moore, The Champions juga diciptakan oleh Philip Jackson. Patung ini menampilkan sosok Bobby Moore, Geoff Hurst, Martin Peters, dan Ray Wilson yang menjadi pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966.


Patung Holy Trinity di pelataran Stadion Old Trafford, Manchester.(CHRISTOPHER FURLONG/GETTY IMAGES)

United Trinity - Old Trafford, Manchester

United Trinity merujuk pada trio George Best, Denis Law, dan Bobby Charlton, yang mengantarkan Manchester United meraih gelar Piala Champions untuk pertama kali pada 1968.

Carlos Valderrama - Estadio Eduardo, Santos, Santa Marta

Stadion yang bisa menampung 23 ribu penonton ini merupakan markas dari klub sepak bola Union Magdalena. Klub tersebut berhasil melahirkan salah satu pemain legendaris Kolombia: Carlos Valderrama.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.650


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X