5 Negara Ini Mungkin Mengungsi di Kualifikasi PD

By Aning Jati - Rabu, 15 April 2015 | 20:03 WIB
Ilustrasi timnas Yaman, kemungkinan tak bisa menggelar laga kandang di Yaman.
Ali Al-Saadi/Getty Images
Ilustrasi timnas Yaman, kemungkinan tak bisa menggelar laga kandang di Yaman.

AFC sudah melakukan pembagian grup untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 serta kualifikasi Piala Asia 2019 pada Selasa (14/4).

Sebanyak 40 peserta dibagi ke dalam delapan grup dan menjalani pertandingan dengan sistem tandang-kandang, mulai 11 Juni hingga 29 Maret 2016.

Hanya, tidak semua peserta bisa memainkan laga kandang mereka di markas di negara masing-masing. Seperti diketahui, sejumlah negara di bawah konfederasi AFC dalam situasi kurang aman akibat konflik politik maupun ekonomi.

AFC tidak ingin mengambil risiko dengan mengizinkan pertandingan digelar di negara-negara yang terbilang rawan. Akibatnya, negara yang sedang dilanda krisis maupun konflik terpaksa harus menjalani laga kandang di negara lain.

Hal itu tentu jadi kerugian mengingat mereka tak bisa bermain di depan publik sendiri. Namun, faktor keselamatan tetap harus diutamakan sehingga mereka tunduk pada kebijakan AFC.

Indonesia bisa jadi salah satu negara yang semestinya bisa memanfaatkan kondisi ini lantaran salah satu lawan di Grup F, yakni Irak, berpotensi besar menggelar partai kandangnya di negara tetangga, tidak di negeri sendiri.

Selain Irak, ada beberapa negara lain yang kemungkinan besar belum akan bisa memainkan partai kandang mereka di negeri sendiri, setidaknya di laga kandang pertama mereka. Berikut negara-negara tersebut:

Grup A:
Palestina
Palestina selama ini dikenal tangguh bila bermain di kandang sendiri di Faisal Al-Husseini International Stadium. Namun, kabar terbaru menyebutkan Arab Saudi sedang melobi AFC agar laga tandang kontra Palestina di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 digelar di tempat netral, tidak di Palestina.


Grup E:

Suriah
Pada kualifikasi Piala Asia 2015, Suriah memainkan laga kandang mereka di Stadion Shahid Dastgerdi, Teheran (Iran).
Afganistan
Di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2018, Afganistan kemungkinan menggunakan Stadion Sheikh Zayed, Abu Dhabi (UEA) sebagai markas mereka.

Grup F:
Irak
Pada kualifikasi Piala Asia 2015, Irak memainkan partai kandang di Al-Rashid Stadium, Dubai (UEA) Amman International Stadium, Amman (Yordania), dan Sharjah Stadium, Sharjah (UEA).

Grup H:
Yaman
Pada kualifikasi Piala Asia 2015, Yaman memainkan partai kandang di Sharjah Stadium, Sharjah (UEA), Sheikh Khalifa International Stadium, Al Ain (UEA), Tahnoun bin Mohammed Stadium, Al Ain (UEA). Sedangkan di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Pakistan pada Maret lalu, Yaman memainkan partai kandang di Grand Hamad Stadium, Doha (Qatar).


Editor : Aning Jati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X