Timnas Futsal: Kebugaran Ternyata Belum Memuaskan

By Editor Eko Widodo - Senin, 24 Maret 2014 | 13:33 WIB
Ilustrasi latihan timnas futsal.
Herka Yaris P.
Ilustrasi latihan timnas futsal.

Kondisi fisik timnas futsal yang akan berlaga di Kejuaraan Futsal Asia 2014 merisaukan Andri Irawan. Sang pelatih menilai kondisi kebugaran anak asuhnya belum ideal.

Timnas futsal telah menggeber latihan persiapan selama dua pekan. Latihan berjalan kurang maksimal karena kondisi fisik pemain yang drop.

Sebagian besar pemain yang ikut pelatnas saat ini merupakan jebolan skuat timnas SEA Games 2013. Selepas tampil di SEAG mereka kembali ke klubnya masing-masing. Namun, karena kompetisi tengah off, mereka tak melakukan aktivitas apa-apa.

Saat kembali dipanggil untuk mengikuti pelatnas, mereka tidak dalam kondisi siap 100 persen. Andri jelas pusing terhadap situasi ini karena ia tidak punya banyak waktu untuk menggelar persiapan menuju Kejuaraan Futsal Asia, yang akan dihelat di Vietnam pada 30 April-10 Mei.

“Saya tidak mungkin terlalu lama menggelar latihan fisik karena timnas juga perlu fokus berlatih teknik dan taktik,” tutur Andri.

“Transisi dari ajang terakhir SEA Games dari timnas ke klub masing-masing membuat kondisi mereka menurun dan hal ini selalu menjadi permasalahan di Indonesia,” imbuh Dedy Ahadiat Putra, pelatih fisik timnas.

Liga Futsal Indonesia menjadi satu-satunya ajang kompetisi resmi bagi pemain futsal elite Tanah Air. Selesai kompetisi tersebut para pemain hanya mengandalkan turnamen-turnamen amatir yang jadwalnya tidak pasti.

Tuntutan kondisi fisik prima menjadi krusial melihat peta persaingan Kejuaraan Futsal Asia, yang terhitung berat.

Sumber:
Harian BOLA; Penulis: Ario Yosia




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X